Skip to main content

Tips Hemat Kuota Internet Terbaru Untuk Pengguna Android

AiBeiC blog | Tips hemat kuota internet terbaru untuk pengguna android - Pengguna internet untuk dapat mengakses internet tentu wajib punya pulsa internet, baik jenis kuota reguler maupun unlimited.

Bisa saja sih dengan gratisan, seperti wifi di area hotspot gratis ataupun dengan cara hacking operator pulsa seperti para komunitas gretongers yang menjamur didunia maya. Komunitas ini biasanya mangkal di forum-forum khusus yang memiliki idealisme serupa dengan membernya yaitu suka hal-hal yang berbau gratisan.

Mereka tak sungkan memberikan panduan atau tips hack operator pulsa biar bisa internetan gratis.

Tapi hal itu sungguh merepotkan bagi sebagian orang, apalagi tidak semua orang expert atau ahli mengkonfigurasi kan layanan provider agar bisa di hack. Perlu keterampilan dan bakat khusus, disamping keberuntungan juga sih...

Cara hemat kuota di android

Pengguna smartphone atau gadget pintar lainnya, pada umumnya butuh hal yang terkesan praktis namun tetap efektip. Begitu pula halnya bagaimana dalam efesiensi kuota pulsa, kita butuh cara menghemat pulsa internet yang gak pake ribet dan mudah pelaksanaanya tapi tidak mengorbankan kenyamanan dalam penggunaannya.

Bicara tentang menghemat berarti sangat erat kaitannya dengan mengontrol penggunaan perangkat. Khusus pengguna smartphone, karena ponsel jenis ini telah dibenamkan atribut internet yang komplit, hemat kuota adalah pilihan bijak karena jika tak terbendung tentu saja bisa membuat jebol kantong anda.

Berbagai pilihan layanan provider dengan penawaran kuota murah melimpah (katanya), belum tentu menjadi solusi pengeluaran anda pada kuota internet. Justru sebaliknya, pada banyak pengguna anggapan semakin murah kuota semakin hemat anggaran pulsa internet sekarang tampaknya sudah tidak berlaku. Yang ada malah semakin murah harga kuota internet semakin boros pengeluran untuk biaya internet.

Mengapa bisa begitu?..

Setidaknya ini pengalaman saya sendiri, dan orang orang disekitar saya yang ikut merasakan murahnya tarif kuota internet. Mungkin ini lebih ke faktor mindset, sesuatu hal yang didapat dengan mudah dan murah, maka cepat pula hilangnya hehee,,.

Ini kebiasaan buruk sebenarnya...habis kuota beli lagi kuota baru, karena murah dan penawarannya menjamur.

Kalau kamu bagaimana?

Apakah penggunaan kuota internetmu normal?

Pernah enggak memakai kuota internet lebih cepat habisnya dari batas waktu penggunaannya? Jangan bohong Pasti sering kan?

Atau sudah hal yang biasa, barangkali...

Lalu untuk bisa berinternet lagi tentunya kita butuh dana pengeluran baru untuk membeli kuota internet.

Sungguh kebiasaan tidak sehat dari segi ekonomi. Jika hal itu tidak mempengaruhi keuanganmu tentunya tidak mengapa, tapi tak semua orang dapat merasakannya. Jadi hemat penggunaan kuota internet adalah perlu.

Tapi bagaimana?....

Seringkali dibenak kita terlintas untuk berupaya berhemat dalam menggunakan kuota internet, namun kenyataannya itu tak semudah yang dibayangkan. Seringkali penggunaan tidak terkendali karena buruknya manajemen kontrol yang kita terapkan.

Berikut beberapa tips cara sederhana setidaknya bisa mengurangi pemakaian kuota untuk hal-hal yang tidak perlu agak bisa menghemat kuota internet kita.

Lakukan langkah langkah ini, dan rasakan perbedaannya.


1. Setting penggunaan kuota internet pada perangkat smartphone kita.

Secara sadar atau tidak sadar cara ini cukup ampuh dalam penghematan kuota intenet. Dalam pemakaian sering kita tidak memperhatikan berapa banyak sudah data internet yang kita habiskan dalam berselancar maya. Dengan adanya fitur ini kita tidak perlu repot repot cek manual penggunaan yang telah terpakai, karena akan ada warning yang muncul apabila telah mencapai batas ketentuan pakai yang kamu tetapkan sendiri. Jika sudah begitu, kamu akan menyadari berapa banyak data dan waktu yang kamu habiskan, selanjutnya setting kembali batasannya agar dapat berinternet lagi namun kamu akan lebih smart dalam pemakaian untuk kedepannya.

Pada perangkat android caranya seperti berikut:
Setting --> data usage --> kamu tetapkan batasan data untuk penggunaannya, terlihat pada gambar berikut:

setting hemat kuota internet android

Jika kamu terapkan dengan benar niscaya kamu akan mendapatkan perbedaan yang signifikan setelah disetting dan sebelum disetting. Tentu tujuan semula dalam penghematan akan terpenuhi, setuju gak?


2.  Dengan mematikan Aplikasi yaitu melalui Recent Apps button.

Recent Apps button atau fitur tombol praktis menampilkan aplikasi yang belum tertutup pada background layar android. Pengguna android pastinya sudah tau semua fungsi fitur ini, letak tombolnya tidak selalu sama untuk setiap perangkat, ada yang disebelah kiri, ada yang ditombol home (tengah tekan lama selain produk samsung) adapula yang disebelah kanan. Jika kamu menekan tombol tersebut akan muncul beberapa aplikasi yang sebelumnya kamu gunakan dan masih berjalan dibelakang karena belum tertutup sempurna. Pada sebagian aplikasi seperti aplikasi sos-med ada yang berjalan dengan menyedot kuota yang ada. Ini sangat mubazir sekali padahal kamu tidak lagi tengah menggunakannya. Secara tak sadar hal itu sedikit banyak ikut berperan dalam pemborosan kuota internet kamu. Untuk itu saran saya tutuplah aplikasi di setiap kali selesai penggunaannya pada perangkat android mu dengan menombol fitur Recent apps ini di setiap kesempatan.


3. Maksimalkan fungsi screenshot.

Pengguna smartphone umumnya jarang sekali memanfaatkan fungsi screenshot saat ingin memperoleh atau mendownload gambar/ foto. Terutama yang kesehariannya tidak terlepas dari dunia sosmed, tentu tak jarang terpikat pada suatu image/ gambar yang ditampilkan kemudian tertarik untuk mendownloadnya. Cuman saran sih demi penghematan, kenapa nggak di screenshot aja, praktis, mudah, murah karena tanpa perlu kuota untuk memperolehnya. Yeah, walaupun tampilan pixel sangat terbatas tergantung kualitas layar hp kamu, tapi tak buruk amat jika untuk disimpan atau di share kembali.

Caranya sudah tau kan?
Klik tombol power/ kunci dan volume down secara bersamaan beberapa saat. Ting!! Maka jadilah...


4.  Dengan cara mematikan Notifikasi Aplikasi.

Siapa sangka ternyata notifikasi atau pemberitahuan suatu aplikasi yang biasa kita temui pada perangkat android ini bisa menguras kuota internet kamu. Ya, selain membuat boros daya, notifikasi juga rentan terhadap pengeluaran yang tak perlu untuk kuota internet kamu. Jika kamu tidak banyak menginstal aplikasi mungkin tidak terasa pengaruhnya, namun tetap saja notifikasi ini mengikis kuota yang ada karena biasanya notifikasi akan muncul jika data internet diaktifkan. So, solusi tepatnya adalah dengan menonaktifkan fitur ini.

Caranya:
Setting --> aplikasi --> buka aplikasi (selain aplikasi system) satu persatu --> pada aplikasi yang ditunjuk hilangkan centan (√) pada " show notification"


5. Cara terakhir menurut saya yaitu dengan menonaktifkan fitur aplikasi cuaca pada perangkat smartphone kamu.

Saya sendiri kurang memperoleh manfaat mengenai fungsi aplikasi ini kenapa harus ada di perangkat android. Karena hanya sebatas prakiraan bukan berarti pasti akurat. Aplikasi cuaca ini selain menambah boros daya, juga butuh koneksi internet untuk memantau aktifitas cuaca melalui servernya.

Pada sebagian orang mungkin terbantu dengan adanya aplikasi ini, tapi buat kamu yang tidak berminat dengan fitur aplikasi inj, kamu dapat aegera menonaktifkannya pada perangkat kamu.

Caranya adalah dengan membuang screenshot widget cuaca pada beranda layar. Atau pada perangkat tertentu kita bisa menekan tombol home beberapa saat kemudian tekan saja widget Weather Forecast.

Jika kamu lakukan hal itu, maka fitur membaca cuaca pada smartphone kamu akan segera berhenti. Ini artinya proses nonaktif telah berhasil. Atau Jika perangkat kamu belum pernah menampilkan widget cuaca pada layar androidmu, maka jangan atau tidak perlu untuk menampilkannya pada layar muka perangkat.

Untuk setting khusus, caranya kamu buka aplikasi Google --> setting --> pilihlah "Never show weather".


Demikian tips mudah hemat kuota internet untuk pengguna android. Semoga bermanfaat.


Comments

  1. sangat penting untuk menghemat kuota biar tida menghabiskan uang hehe...
    http://cody.id/

    ReplyDelete
  2. Taipan Indonesia | Taipan Asia | Bandar Taipan | BandarQ Online
    SITUS GAME KARTU ONLINE EKSKLUSIF UNTUK PARA BOS-BOS
    Kami tantang para bos semua yang suka bermain kartu
    dengan kemungkinan menang sangat besar.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    Cukup Dengan 1 user ID sudah bisa bermain 7 Games.
    • AduQ
    • BandarQ
    • Capsa
    • Domino99
    • Poker
    • Bandarpoker.
    • Sakong
    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
    • FaceBook : @TaipanQQinfo
    • WA :+62 813 8217 0873
    • BB : D60E4A61
    Come & Join Us!!

    ReplyDelete
  3. mau mendapatkan keuntungan dengan berdagang online , anda bisa lakukan di disini
    anda bisa berdagang mata uang , metal(emas,perak) dan juga cryptocurrency

    ReplyDelete

Post a Comment

baca juga...

Cara Praktis CopyPaste Tulisan Pada Sebuah Gambar Lewat Aplikasi Android

AiBeiC blog | Cara praktis copy paste tulisan pada sebuah gambar lewat aplikasi smartphone android -  Biasa kita tertarik dengan sebuah kata-kata atau mungkin juga sebuah artikel dan ingin kita salin kata tersebut pada sebuah notepad atau media tulis digital lainnya, tapi sayang kata kata tersebut masih dlm bentuk gambar mustahil rasanya buat di copy dan paste kecuali disalin/ diketik manual... ...Kalau kalimat pendek sih tidak apa diketik manual, masalahnya bagaimana kalimat pada gambar tersebut panjang bagai rel kereta api? Tentu capek dan malas buat menulisnya pada media tulis lain. Nah, Untuk itu kali ini akan saya share cara copy-paste tulisan pada sebuah gambar secara praktis lewat aplikasi smartphone android. Mungkin sebelum ini kamu atau saya pun tak pernah terlintas bahwa sebuah gambar yang berisi tulisan, tulisannya bisa di salin dan paste kan. Yang masuk akal adalah bahwa gambar tersebut hanya bisa didownload atau diedit, begitu yang saya tau hehe.. ...Tapi itu du

Cara meRoot Android tanpa Pc dengan Aplikasi Root

AiBeiC blog | Cara meRoot Android tanpa Pc dengan Aplikasi Root - Sebelum kita mengulas cara meroot android kamu tanpa perangkat pc ini, mungkin kita perlu penjelasan sedikit bagi yang belum tahu apa sih root itu? Root adalah suatu keadaan dimana pengguna dari sebuah perangkat cerdas khususnya android memperoleh hak akses lebih (hak istimewa) untuk merombak atau mengedit program android seperti layaknya developer bahkan sampai tahap system bawaan. Selengkapnya informasi ini bisa kamu baca pada postingan saya Apa Sebenarnya Fungsi Root Pada Android Itu . Kamu yang punya perangkat komputer dirumah, baik pc maupun laptop, mudah saja untuk me root android dengan tutorial root android lewat pc . Tapi buat yang belum punya pc jangan pesimis dulu karena sekarang sangat banyak sekali aplikasi yang bisa membantu pengerjaan root di android kamu lewat perangkat android itu sendiri. Jadi ini tidak perlu menggunakan bantuan komputer untuk proses rootnya. Aplikasi Root Terbaik Untuk An