Pengertian Kardio dan Bagaimana Cara Latihan Kardio Dalam Mengurangi Lemak Tubuh

AiBeiC blog | Pengertian Kardio dan bagaimana cara latihan kardio dalam mengurangi lemak tubuh - Kardio itu apa ya? Istilah ini dulu sangat sering saya dengar dan begitu familiar namun jika ada teman atau siapapun yang membahas tentang kardio ini saya berlagak sok tau aja, padahal asli beneran belum tau.

Tapi itu dulu...

Latihan kardio
Picture from Google

Pernah suatu hari saya pergi kefitnes kali pertama diajak teman. Bingung juga sih saat itu, mau ngapain di sana serasa serba salah.

"Bro, mending kamu kardio aja dulu sana..."

Kardio, apaan sih - pikir saya.

Nah dari situ saya coba beranikan tanya dari pada penasaran.

Ternyata Kardio itu suatu kegiatan olahraga yang memfokuskan pada latihan pernapasan, meningkatkan sistem sirkulasi darah ke jantung. Fungsinya disini untuk melatih sistem cardiovascular yang berperan dalam menguatkan jantung dan paru-paru serta melancarkan sirkulasi peredaran darah dalam tubuh.

Kardio efektif mengatasi penyakit jantung. Latihan kardio yang benar membuat jantung kita menjadi sehat dan kuat. Latihan ini sangat dianjurkan karena banyak pakar menyebutkan bahwa latihan kardio dapat mengurangi resiko jantungan.


Jadi latihan kardio ini pada dasarnya melibatkan otot besar, utamanya kaki ya...yang berperan dominan bantu jantung buat memompa darah, mengalir keseluruh tubuh dengan membawa nutrisi lewat arteri kesemua bagian yang bisa dilewati termasuk otot.

Untuk latihan kardio, utamanya buat pemula dianjurkan terlebih dahulu kita memusatkan pada otot kaki.

Ada alasannya...

Kenapa latihan kardio sebaiknya diawali dengan latihan otot kaki ternyata latihan ini membuat kita cepat lelah atau capek dan jantung akan bekerja cukup keras ditandai jantung berdegup cepat. Tak perlu khawatir, suplai oksigen kedalam tubuh akan mengimbanginya sehingga kita akan tahu batas kemampuan jantung kita.

Jadi kardio pada dasarnya melatih kerja jantung agar kuat dan bekerja dengan proporsional.

Seperti apa jenis olahraga yang termasuk dalam latihan kardio ini..??

Intinya segala kegiatan yang melibatkan otot besar, utamanya seperti yang saya sebutkan di atas yaitu otot kaki. Contohnya olahraga lari, renang, jalan, senam, olahraga sepeda, aerobik dan masih banyak lagi contoh lainnya.


LATIHAN KARDIO UNTUK MENGURANGI LEMAK TUBUH ALIAS FATLOSS PROGRAM

Selain untuk memperkuat paru-paru dan jantung ternyata kardio efektif untuk membakar kalori dan lemak. Sudah jelas karena untuk latihan kardio kita membutuh energi yang perlu untuk dibakar.

Pada dasarnya latihan kardio tidak membutuhkan kerja otot yang ekstra power namun lebih ke daya tahan stamina ditambah keseimbangan pernafasan.

Latihan kardio ini sangat efektif buat kita yang lagi program pembentukan badan untuk menghilangkan lemak tubuh, asal dilakukan pada waktu yang tepat?

Kapan?

Beberapa praktisi fatloss program menyebutkan sebaiknya kardio dilakukan pada saat pagi hari bangun tidur sebelum sarapan makan.

Untuk melaksanakan kardio ini kamu dilarang mengkonsumsi apapun sesudah bangun tidur pagi, namun langsung melaksanakan kardio untuk membakar kalori dan lemak yang tersisa sejak malam yang tertimbun di badan kita. Latihannya seperti lari atau senam aerobic misalnya...hingga badan terasa capek.

Selain waktu tersebut (pagi hari sesudah bangun tidur), jangan berharap latihan kardio untuk program fatlossmu sukses. Kalaupun sukses bisa saja sih, namun tidak efektif karena buang waktu yang lama.

Beberapa hal yang perlu dilakukan jika kamu latihan kardio untuk program diet, yaitu seperti dibawah ini:

~ Pertama

Hindarilah makanan yang mengandung karbohidrat tinggi dimalam hari.

Namun bukan berarti tidak boleh makan, tapi perhatikan porsi dan jenis makanannya. Opsinya adalah pilih nasi putih/ merah (jika kamu mengkonsumsi nasi) yang masih berkulit Ari. Proporsional nya pilih menu yang unsurnya lengkap namun tidak berlebihan. Cukup karbohidrat, protein dan yang pasti rendah lemak. Juga mengandung vitamin dan mineral.
Ada resep yang manjur: "berhenti makan sebelum kenyang".


~ Kedua

Bangun tidur di pagi hari rutinkan latihan kardio sebelum makan. Ingatlah, latihan kardio ini mengunakan Lemak sebagai energi saat kamu melaksanakan kardio pagi. Diharapkan dengan intensitas latihan yang cukup lemak pada tubuh akan terbakar dan akhirnya berkurang. Jika sudah berhasil, kegiatan ini bisa juga untuk menjaga berat proporsional tubuh dengan tetap memperhatikan pola makan seimbang.


Nah gimana, masuk akal bukan?

Pada dasarnya semua kegiatan atau latihan Kardio itu bertujuan untuk melatih jantung...kapanpun itu waktunya. Hanya saja latihan Kardio dapat dijadikan satu paket, salah satu metode yang efektif untuk program menghilangkan lemak tubuh, namun jika dilakukan pada kondisi dan dengan cara yang benar.


Demikian materi kita tentang Kardio itu apa dan bagaimana cara kardio dalam mengurangi lemak tubuh, semoga hal menarik kamu untuk melaksanakan latihan kardio, karena program ini sangat baik untuk menguatkan jantung dan mengatasi lemak tubuh.

Semoga bermanfaat.

Tag : kesehatan
0 Komentar untuk "Pengertian Kardio dan Bagaimana Cara Latihan Kardio Dalam Mengurangi Lemak Tubuh"

Back To Top