Skip to main content

Tips Supaya Baterai Laptop Awet Dan Tahan Lama

AiBeiC blog | Ternyata ada trik tips khusus supaya baterai laptop awet dan tahan lama. Seperti diketahui bersama, kadang seseorang yang mempunyai laptop atau ingin membeli laptop cenderung kurang peduli soal fungsi dayaguna baterai yang menyokong kelangsungan laptop tersebut.

Maksudnya kita memiliki laptop tapi sebatas memakai saja, tidak ada kepikiran untuk merawat komponen yang mendukung kerja laptop tersebut.

Dalam hal ini kita membahas soal baterai laptop. Sehingga kemudian saat terjadi something trouble, apalagi menyangkut problem daya/ baterai laptop, contohnya seperti tak bisa mengisi, baterai kembung, atau baterai drop kita hanya pasrah saja.

Lazimnya biasa kita langsung membeli baterai baru atau bahkan beli laptop yang baru (itu jika kita punya modal).

Jadi, kenapa tidak se-dari awal saja kita memaksimalkan potensi baterai yg ada.

Iya kan?

Baterai laptop
Contoh baterai laptop

Mahalnya harga suku cadang baterai laptop original dipasaran jadi bahan pertimbangan kita supaya lebih bijak lagi dalam pemakaian laptop agar baterai tetap awet dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Ini merupakan prinsip ekonomi apalagi banyak juga pengguna laptop yang masih pelajar dan non pekerja yang belum berpenghasilan, masih menggantungkan uang jajan dari ortu.

Hingga perlulah kita bijak jangan sampai umur baterai yang seharusnya jika secara normal penggunaan berumur panjang namun karena kesalahan dalam penggunaan yaitu tidak smart merawat baterai laptop akhirnya dipemakaian yang sangat singkat harus diganti dengan yg baru.

Dan ini tentunya membutuhkan dana keluar yang tidak sedikit bukan?


[Baca juga:
Mengenal IP static - IP dynamic | Cara Setting Alamat IP Pada Windows 7 Secara Mudah]


Pada penggunaan laptop yang aktifitasnya memerlukan kerja grafis yang tinggi serta memakan memori cpu yang banyak maka akan nempengaruhi cepat lambat terkurasnya daya baterai laptop menjadi habis. Kedepannya akan mempengaruhi umur baterai tersebut. Apalagi jika tidak seimbang dengan perawatan perangkatnya.


Beberapa Cara Supaya Baterai Laptop Awet dan Tahan Lama

Menurut pengalaman, untuk pemakaian normal konsumsi daya laptop bisa bertahan hingga 4 sampai 5 jam penggunaan standar. Sedangkan lamanya umur baterai umumnya bisa berkisar hingga sampai 4 tahun-an jika dalam penggunaan laptop memperhatikan situasi pemakaian secara benar.

Berbeda halnya kalau kamu tipe sembarang, paling awet hanya kisaran 2 tahun saja baterai laptop kemungkinan sudah drop atau bocor.

Nah, mungkin tips-tips berikut dibawah ini bisa jadi pertimbangan kalian supaya baterai laptop awet dan tahan lama.


1. Pengguna laptop baru disarankan untuk memperhatikan lamanya nge-charge awal. Patokan utama pada lampu indikator laptop. Jika sudah penuh ditandai dengan warna hijau. Lamanya relatif, bisa hingga max 8 jam.


2. Untuk kondisi daya masuk yang bagus agar stabil lebih baik charge baterai laptop dalam posisi off. Banyak pengguna laptop nge-charge laptopnya sambil beraktifitas atau memakai. Hal ini sebenarnya kurang baik bagi kelangsungan baterai laptop tersebut.


[Baca juga:
Cara Supaya Download Jadi Lebih Cepat dan Mudah Dengan Orbit Downloader]


3. Jangan terpengaruh dengan penawaran murah adaptor charge dipasaran.


Jika adaptor charge mu rusak atau apapun, utamakan untuk tetap menggunakan produk original karena hal itu sudah sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan pengembang perangkatnya.


4. Jika saat charge pengisian baterai telah mencapai 100% segera cabut adaptornya dari colokan listrik.


5. (Opsional) Lepas baterai dari laptop dan biarkan pada posisi tidak terpasang jika pada area sekitar laptop tersedia colokan listrik. Biarkan adaptor listrik mengaliri daya hidup laptop tanpa perantara baterai, mitosnya cara ini dapat memperpanjang umur baterai.

Opsi ini untuk tipe baterai jenis non Li-lon, saya pribadi tidak menyarankan pada jenis baterai Li-lon karena baterai jenis ini mudah sekali rusak walau unggul dalam pengisian dan konsumsi daya.

Dikhawatirkan jika terlalu sering cabut-pasang malah memperpendek umur baterai.


[Baca juga:
Lakukan Cara Ini Agar Hardisk Laptop Tidak Mudah Rusak]


6. Pada posisi menghidupkan dan memakai laptop menggunakan baterai saja, usahakan jangan sampai daya habis hingga mendekati 0%, apalagi menyentuh 0%. Jangan sampai laptop mati sendiri tanpa proses shutdown karena tidak baik bagi kinerja keseluruhan komponen hardware maupun software laptop, termasuk baterai.


7. Pada windows 7 keatas atau perangkat laptop lain yang mendukung mati otomatis, bisa kita setting laptop pada mode sleep melalui power options. Hal ini diharapkan akan bisa menghemat konsumsi baterai.


8. Saat nge-charge gunakan terminal (colokan) listrik satu arus.

Terminal listrik

Jangan bercabang-cabang dikhawatirkan arus listrik menjadi tidak stabil saat pemakaian, apalagi disaat bersamaan menggunakan perangkat listrik yang memiliki tegangan yang berbeda.


9. Gunakan stabilizer.

Stabilizer buat laptop

Menggunakan stabilizer listrik supaya arus daya yang masuk ke baterai memiliki tegangan yang stabil.


10. Kurangi penggunaan laptop secara berlebihan untuk aktifitas laptop yang memerlukan olah grafis tinggi.
Ini dikarenakan seluruh komponen soft dan hard ware akan bekerja sangat intens sehingga memerlukan konsumsi daya yang boros.

Opsi ini untuk pengguna laptop secara umum, lain halnya jika laptopmu memang diperuntukkan spesialis buat high performance dan spek mendukung untuk hal-hal demikian.

Demikian ulasan singkat perihal supaya baterai laptop awet dan tahan lama. Apa yang kita harapkan disini adalah semoga ini bisa merubah cara pandang kita sebagai user dan tetap bijak dalam pemakaian laptop sehingga penggunaan yang smart membuat baterai laptop tetap awet terjaga.

Comments

  1. keawetan batere laptop memang perlu dijaga.. thanks tipsnya min...
    http://cody.id/produk/solder/

    ReplyDelete
  2. Taipan Indonesia | Taipan Asia | Bandar Taipan | BandarQ Online
    SITUS GAME KARTU ONLINE EKSKLUSIF UNTUK PARA BOS-BOS
    Kami tantang para bos semua yang suka bermain kartu
    dengan kemungkinan menang sangat besar.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    Cukup Dengan 1 user ID sudah bisa bermain 7 Games.
    • AduQ
    • BandarQ
    • Capsa
    • Domino99
    • Poker
    • Bandarpoker.
    • Sakong
    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
    • FaceBook : @TaipanQQinfo
    • WA :+62 813 8217 0873
    • BB : D60E4A61
    Come & Join Us!!

    ReplyDelete

Post a Comment

baca juga...

Cara Praktis CopyPaste Tulisan Pada Sebuah Gambar Lewat Aplikasi Android

AiBeiC blog | Cara praktis copy paste tulisan pada sebuah gambar lewat aplikasi smartphone android -  Biasa kita tertarik dengan sebuah kata-kata atau mungkin juga sebuah artikel dan ingin kita salin kata tersebut pada sebuah notepad atau media tulis digital lainnya, tapi sayang kata kata tersebut masih dlm bentuk gambar mustahil rasanya buat di copy dan paste kecuali disalin/ diketik manual... ...Kalau kalimat pendek sih tidak apa diketik manual, masalahnya bagaimana kalimat pada gambar tersebut panjang bagai rel kereta api? Tentu capek dan malas buat menulisnya pada media tulis lain. Nah, Untuk itu kali ini akan saya share cara copy-paste tulisan pada sebuah gambar secara praktis lewat aplikasi smartphone android. Mungkin sebelum ini kamu atau saya pun tak pernah terlintas bahwa sebuah gambar yang berisi tulisan, tulisannya bisa di salin dan paste kan. Yang masuk akal adalah bahwa gambar tersebut hanya bisa didownload atau diedit, begitu yang saya tau hehe.. ...Tapi itu du

Cara meRoot Android tanpa Pc dengan Aplikasi Root

AiBeiC blog | Cara meRoot Android tanpa Pc dengan Aplikasi Root - Sebelum kita mengulas cara meroot android kamu tanpa perangkat pc ini, mungkin kita perlu penjelasan sedikit bagi yang belum tahu apa sih root itu? Root adalah suatu keadaan dimana pengguna dari sebuah perangkat cerdas khususnya android memperoleh hak akses lebih (hak istimewa) untuk merombak atau mengedit program android seperti layaknya developer bahkan sampai tahap system bawaan. Selengkapnya informasi ini bisa kamu baca pada postingan saya Apa Sebenarnya Fungsi Root Pada Android Itu . Kamu yang punya perangkat komputer dirumah, baik pc maupun laptop, mudah saja untuk me root android dengan tutorial root android lewat pc . Tapi buat yang belum punya pc jangan pesimis dulu karena sekarang sangat banyak sekali aplikasi yang bisa membantu pengerjaan root di android kamu lewat perangkat android itu sendiri. Jadi ini tidak perlu menggunakan bantuan komputer untuk proses rootnya. Aplikasi Root Terbaik Untuk An

Tips Hemat Kuota Internet Terbaru Untuk Pengguna Android

AiBeiC blog | Tips hemat kuota internet terbaru untuk pengguna android - Pengguna internet untuk dapat mengakses internet tentu wajib punya pulsa internet, baik jenis kuota reguler maupun unlimited. Bisa saja sih dengan gratisan, seperti wifi di area hotspot gratis ataupun dengan cara hacking operator pulsa seperti para komunitas gretongers yang menjamur didunia maya. Komunitas ini biasanya mangkal di forum-forum khusus yang memiliki idealisme serupa dengan membernya yaitu suka hal-hal yang berbau gratisan. Mereka tak sungkan memberikan panduan atau tips hack operator pulsa biar bisa internetan gratis. Tapi hal itu sungguh merepotkan bagi sebagian orang, apalagi tidak semua orang expert atau ahli mengkonfigurasi kan layanan provider agar bisa di hack. Perlu keterampilan dan bakat khusus, disamping keberuntungan juga sih... Pengguna smartphone atau gadget pintar lainnya, pada umumnya butuh hal yang terkesan praktis namun tetap efektip. Begitu pula halnya bagaimana dalam ef