Skip to main content

Lakukan Cara Ini Agar Hardisk Laptop Tidak Mudah Rusak

AiBeiC blog | Lakukan cara ini agar harddisk laptop tidak mudah rusak - Semua pengguna perangkat komputer khususnya laptop, tentu berharap ingin agar komponen hardware maupun software pada laptopnya tidak mudah rusak dan performanya selalu awet terjaga sehingga dalam penggunaannya tidak mendapati kendala kendala yang kadang bisa bikin kita jengkel. Salah satu yang perlu diperhatikan yaitu komponen harddisk.

Harddisk adalah suatu perangkat keras yang terdapat pada suatu laptop yang cara kerjanya secara sistematis, sebagai media dalam penyimpanan data.

File data yang tersimpan dalam perangkat harddisk tidak akan hilang atau corrupt selama komponen harddisk tidak rusak.

Menjaga harddisk

Harddisk memiliki fungsi vital dalam dunia digital, bahkan sangat vital karena merupakan tempat penyimpanan file-file yang sejatinya bagian penting pada perangkat itu sendiri. Untuk itulah perlunya kita selalu memelihara dan memperhatikan segala sesuatunya agar mencegah harddisk pada perangkat laptop kita tidak mudah rusak.

Kesalahan yang banyak terjadi adalah seringnya pengguna laptop yang terkesan "yang penting memiliki" namun tidak terlalu peduli dan tidak sepenuh hati dalam merawatnya.

Laptop yang sering terbentur benda keras atau kejadian lain seperti terjatuh dari tempat yang tinggi bukan mustahil bisa menyebabkan kerusakan, bukan hanya kerusakan fisik saja melainkan juga bisa menyebabkab bad sector atau kerusakan harddisk.

Bad sector, istilah apaan tuh?

Bad sector ini mempunyai arti kumpulan data-data kecil di harddisk pada perangkat pc atau laptop yang tidak mampu di baca system. Walaupun hal ini lumrah terjadi pada perangkat komputer baik pc maupun laptop, dimanapun harddisk ditempatkan, jika tidak cepat diantisipasi lambat laun komponen hard disk lainnya secara umum akan berdampak buruk dan menyebabkan kerusakan total.

Menarik kita pelajari karena kenyataannya kerusakan harddisk bukan semata karena faktor insiden fisik saja melainkan bisa juga dari cara pemakaian komputer atau pemakaian laptop kita sehari-hari, atau bisa juga dari sebab lain misalnya saja malware atau pun virus.

Untuk itulah sebelum terjadi kerusakan yang dapat menimpa harddisk pada laptop, kita perlu untuk mengambil langkah langkah agar harddisk laptop tersebut tidak rusak, atau setidaknya meminimalisir terjadinya kerusakan.


Cara Yang Perlu Dilakukan Untuk Mencegah Harddisk Laptop menjadi Rusak

Ok, sebagaimana kita tau pentingnya peranan CPU dan GPU dalam meningkatkan performa sebuah perangkat komputer, maka begitulah juga pentingnya peranan harddisk dalam urusan menyimpan data file.

Coba bayangkan seandainya komputer kamu tanpa harddisk, tentu ribet sekali karena setiap kali kita harus menyiapkan memori eksternal disaat memori internal sudah tidak mampu lagi untuk menyimpan data.

Maka untuk itulah pentingnya kita menjaga agar harddisk tidak rusak.

Berangkat dari ilmu yang kita ketahui dan beberapa dari pengalaman sendiri, berikut ini cara untuk mencegah agar harddisk laptop tidak rusak:


Pertama; Jangan Matikan Laptop dengan tombol power on/off langsung tanpa proses Shutdown.

Umumnya ini sering dilakukan oleh anak-anak atau bisa juga orang dewasa karena ketidaktahuan mereka, atau bisa juga itu yang kamu lakukan karena suka terburu buru dalam pekerjaan sehingga dalam hal mematikan pc atau laptop pun ikut ceroboh.

Tahukah kamu, disaat kita melakukan proses shutdown pada perangkat pc atau laptop, sistem akan menyimpan semua proses yang sedang jalan sebelumnya itu ke dalam harddisk. Efek yang terjadi jika kita mematikan perangkat tanpa proses shutdown salah satunya bisa menyebabkan silinder harddisk menjadi rusak karena prosesnya bukan dengan cara yang diinginkan pola sistem, hal ini mengakibatkan pembacaan file corrupt.

Akibat lain proses shutdown yang tidak benar ini membuat performa harddisk menjadi lemah karena proses registry yang berantakan. Jika proses mematikan perangkat yang tak benar ini sering terjadi dan selalu dilakukan berulang kali, dampaknya tentu harddisk akan menjadi rusak.


Kedua; Mencegah harddisk rusak dengan rutin defrag harddisk

Apa itu defrag harddisk?

Pengertian Defrag harddisk sendiri yaitu suatu proses manual merapikan file data pada harddisk. Defrag harddisk berguna untuk mempercepat pemerosesan data dan usaha dalam mengoptimasi kerja suatu perangkat komputer. Singkatnya suatu proses merapikan data untuk mengoptimasi kinerja harddisk pada suatu perangkat pc maupun laptop.

Pada penggunaan sehari-hari seperti membuka aplikasi, membuat dokumen ataupun browsing terkadang sejumlah file terpecah ke harddisk. Istilah lain mungkin disebut file cache. Defrag harddisk sangat perlu dilakukan karena ini nantinya berhubungan atau mempengaruhi dengan kinerja atau performa pc atau laptopmu. File yang berantakan pada memori harddisk dapat menyebabkan kinerja harddisk melemah yang selanjutnya bisa mengakibatkan harddisk menjadi rusak.


Ketiga; Mencegah harddisk rusak dengan partisi harddisk.

Pengertian partisi harddisk adalah memisahkan bagian bagian media penyimpanan di dalam sebuah harddisk. Tujuannya untuk memisahkan antara media penyimpanan untuk sistem operasi, dengan media penyimpanan untuk file data pada perangkat komputer baik pc maupun laptop.

Kamu yang terbiasa menginstal sistem operasi pada sebuah komputer pertama kali pasti diminta untuk membuat partisi. Partisi berperan agar harddisk tidak kepenuhan saat kita menginstal aplikasi maupun menyimpan file data. Jika bukan karena partisi ini pastilah performa komputer akan menurun disebabkan harddisk kepenuhan.

Untuk cara partisi harddisk kalian bisa search ke gugel, mungkin dengan kata kunci ini "cara partisi harddisk yang benar" atau dengan kata keyword lainnya karena tips nya sudah banyak yang share...pokoknya suka-suka kamu lah hehee..


Keempat; Mencegah harddisk rusak dengan menghindari Benturan fisik dan guncangan keras.

Komputer terdiri dari unsur perangkat lunak dan perangkat keras. Walaupun kedua unsur ini dilindungi oleh komponen material pelindung luar, namun bukan berarti bebas dari resiko fisik. Benturan dan guncangan, apalagi hempasan keras, merupakan salah satu masalah yang harus kita hindari karena ini salah satu faktor pemicu kerusakan pada komponen-komponen suatu perangkat komputer, dalam hal ini kita spesifik ke problema harddisk. Untuk itu jaga selalu komputer kita dari kekerasan fisik, apalagi laptop sebagai perangkat komputer bergerak yang rawan terbentur, terhempas dan tertindih.

Harddisk sebagai media penyimpan data merupakan bagian utama untuk selalu kita jaga dari kerusakan. Lebih lagi jika harddisk tersebut berisi file data penting dan file data tersebut belum di backup sebelumnya, karena jika sudah rusak kemana lagi harus mengadu.


Kelima; Mencegah harddisk rusak dengan memasang Antivirus.

Malware dan virus merupakan permasalahan turun temurun yang sering dihadapi pengguna smartphone dan komputer, baik pc maupun laptop. Virus komputer bisa menyerang dan mengganggu sistem, bahkan terparah bisa merusak harddisk. Selalu update antivirus mu agar terhindar dari permasalahan ini.


Keenam; Mencegah harddisk rusak dengan tidak menempatkan laptop pada tempat tempat empuk.

Umumnya pengguna mencari posisi yang strategis dan empuk seperti kasur untuk memainkan perangkat laptop mereka.

Tidak salah sebenarnya, cuman akan tidak benar jika menaruh laptopnya pada tempat yang tidak semestinya seperti pada kasur tersebut.

Semua pengguna laptop pasti tau bahwa prosessor dan VGA laptop akan menjadi panas selama masa penggunaan. Menaruh perangkat laptop pada permukaan yang empuk membuat celah udara panas yang biasa mengalir dari bawah perangkat akan terhambat. Secara otomatis dengan tidak sempurnanya aliran udara bisa berakibat overheat. Overheat atau panas berlebih umumnya dapat memicu komponen pada perangkat, khususnya harddisk, menjadi rusak.

Maka dari itu sangat disarankan untuk menggunakan laptop pada permukaan yang datar untuk mencegah terjadinya overheat. Alternatif lain pemakaian usb cooling pan sangat dianjurkan bagi pengguna laptop sebagai media pendingin perangkat.


Demikian secara singkat tips umum bagaimana Cara menjaga harddisk laptop kita agar tidak mudah rusak. Jika artikel ini kamu rasa bermanfaat silahkan untuk di share ya agar yang lain memperoleh manfaat yang sama.

Comments

  1. Taipan Indonesia | Taipan Asia | Bandar Taipan | BandarQ Online
    SITUS GAME KARTU ONLINE EKSKLUSIF UNTUK PARA BOS-BOS
    Kami tantang para bos semua yang suka bermain kartu
    dengan kemungkinan menang sangat besar.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    Cukup Dengan 1 user ID sudah bisa bermain 7 Games.
    • AduQ
    • BandarQ
    • Capsa
    • Domino99
    • Poker
    • Bandarpoker.
    • Sakong
    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
    • FaceBook : @TaipanQQinfo
    • WA :+62 813 8217 0873
    • BB : D60E4A61
    Come & Join Us!!

    ReplyDelete
  2. Antar Jemput servis panggilan iPad iPhone iMac Macbook reparasi pengerjaan di tempat Pekanbaru Duri Dumai http://zapplerepair.com/antar-jemput-Macbook-iPad-iPhone-iMac-Samsung-Window-Surface-repair-servis-home-service-Pekanbaru-Duri-Dumai.html

    ReplyDelete

Post a Comment

baca juga...

Cara Praktis CopyPaste Tulisan Pada Sebuah Gambar Lewat Aplikasi Android

AiBeiC blog | Cara praktis copy paste tulisan pada sebuah gambar lewat aplikasi smartphone android -  Biasa kita tertarik dengan sebuah kata-kata atau mungkin juga sebuah artikel dan ingin kita salin kata tersebut pada sebuah notepad atau media tulis digital lainnya, tapi sayang kata kata tersebut masih dlm bentuk gambar mustahil rasanya buat di copy dan paste kecuali disalin/ diketik manual... ...Kalau kalimat pendek sih tidak apa diketik manual, masalahnya bagaimana kalimat pada gambar tersebut panjang bagai rel kereta api? Tentu capek dan malas buat menulisnya pada media tulis lain. Nah, Untuk itu kali ini akan saya share cara copy-paste tulisan pada sebuah gambar secara praktis lewat aplikasi smartphone android. Mungkin sebelum ini kamu atau saya pun tak pernah terlintas bahwa sebuah gambar yang berisi tulisan, tulisannya bisa di salin dan paste kan. Yang masuk akal adalah bahwa gambar tersebut hanya bisa didownload atau diedit, begitu yang saya tau hehe.. ...Tapi itu du

Cara meRoot Android tanpa Pc dengan Aplikasi Root

AiBeiC blog | Cara meRoot Android tanpa Pc dengan Aplikasi Root - Sebelum kita mengulas cara meroot android kamu tanpa perangkat pc ini, mungkin kita perlu penjelasan sedikit bagi yang belum tahu apa sih root itu? Root adalah suatu keadaan dimana pengguna dari sebuah perangkat cerdas khususnya android memperoleh hak akses lebih (hak istimewa) untuk merombak atau mengedit program android seperti layaknya developer bahkan sampai tahap system bawaan. Selengkapnya informasi ini bisa kamu baca pada postingan saya Apa Sebenarnya Fungsi Root Pada Android Itu . Kamu yang punya perangkat komputer dirumah, baik pc maupun laptop, mudah saja untuk me root android dengan tutorial root android lewat pc . Tapi buat yang belum punya pc jangan pesimis dulu karena sekarang sangat banyak sekali aplikasi yang bisa membantu pengerjaan root di android kamu lewat perangkat android itu sendiri. Jadi ini tidak perlu menggunakan bantuan komputer untuk proses rootnya. Aplikasi Root Terbaik Untuk An

Tips Hemat Kuota Internet Terbaru Untuk Pengguna Android

AiBeiC blog | Tips hemat kuota internet terbaru untuk pengguna android - Pengguna internet untuk dapat mengakses internet tentu wajib punya pulsa internet, baik jenis kuota reguler maupun unlimited. Bisa saja sih dengan gratisan, seperti wifi di area hotspot gratis ataupun dengan cara hacking operator pulsa seperti para komunitas gretongers yang menjamur didunia maya. Komunitas ini biasanya mangkal di forum-forum khusus yang memiliki idealisme serupa dengan membernya yaitu suka hal-hal yang berbau gratisan. Mereka tak sungkan memberikan panduan atau tips hack operator pulsa biar bisa internetan gratis. Tapi hal itu sungguh merepotkan bagi sebagian orang, apalagi tidak semua orang expert atau ahli mengkonfigurasi kan layanan provider agar bisa di hack. Perlu keterampilan dan bakat khusus, disamping keberuntungan juga sih... Pengguna smartphone atau gadget pintar lainnya, pada umumnya butuh hal yang terkesan praktis namun tetap efektip. Begitu pula halnya bagaimana dalam ef