Bagaimana Cara Efektif Mengobati Jerawat Secara Alami

AiBeiC blog - Kamu yang memiliki kulit berjerawat pasti jengkel karena jerawat susah hilang dari kulit wajah kamu. Nah kali ini saya coba berbagi teknik mujarab Bagaimana cara efektif mengobati jerawat secara alami yang terbukti ampuh dan mudah.

Gambar jerawat
From Google Search 

Beberapa cara pengobatan jerawat yang selama ini kita ketahui, baik secara alami maupun secara medis biasanya memiliki efek samping pada jenis kulit tertentu. Untuk itu akan saya share juga tips-tips sebagai solusinya.


Mengapa sih Jerawat Bisa Muncul Pada Wajah Kita?

Ada beberapa faktor biasanya yang mempengaruhi dan memicu timbulnya jerawat, seperti:

Faktor jenis kulit wajah.
Pakar kesehatan kulit menyebutkan umumnya jenis kulit berminyak rentan mengalami gangguan kulit, utamanya jerawat. Namun kamu yang berkulit kering jangan senang dulu faktanya jerawat bisa muncul walaupun kulitmu bukan berkategori kulit berminyak. Jerawat dapat timbul dimana saja. Sangat disarankan rutin untuk minum air putih guna keseimbangan kolesterol dalam tubuh agar terjaga sehingga resiko timbulnya jerawat pun dapat diminimalisir.

Faktor kebersihan.
Kaum perempuan lumrahnya mempercantik wajah mereka dengan berbagai make up kosmetik agar terlihat menarik. Make up yang menutup pori-pori wajah beresiko timbulnya bakteri penyebab jerawat. Secara umum, bukan hanya pada perempuan, pori-pori kulit yang tertutup oleh partikel-partikel asing semisal hiasan wajah ataupun kotoran debu dapat memunculkan bakteri pada kulit wajah. Bakteri inilah yang memicu timbulnya jerawat pada kulit wajah kita. Maka sangat dianjurkan untuk rajin mencuci muka dengan air bersih agar kotoran yang menyumbat pori-pori wajah bisa hilang, agar bakteri penyebab jerawat tidak bisa muncul.

Faktor hormon
Pada perempuan dan laki-laki yang mengalami pubertas umumnya ditandai munculnya jerawat pada kulit wajah. Hal ini normal karena peningkatan kadar hormon tertentu dalam tubuh, istilahnya ketidakseimbangan hormon tubuh, sehingga memicu timbulnya jerawat. Disarankan untuk selalu jaga kebersihan wajah dan konsumsi makanan bergizi seimbang agar kesehatan tubuh terjaga.

Faktor keturunan.
Kamu boleh menganggap ini sekedar mitos namun kenyataannya berkata demikian. Kebanyakan anak yang ortunya memiliki pengalaman jerawat dapat menurunkan "bakatnya" itu pada anaknya hehehe..
Namun percayalah jika kita selalu menjaga kesehatan kulit kemungkinan besar faktor genetik ini tak akan menimpa kita.

Faktor lain lain.
Sejumlah penyebab lain seperti pola makan yang buruk, stress dan kurang peduli perawatan wajah juga dapat memicu munculnya jerawat pada wajah.

Sangat banyak sebetulnya penyebab timbulnya jerawat jika kita sebutkan satu-persatu, sekarang tinggalah bagaimana kita merawat kulit wajah kita, bagaimana mengantisipasi dan juga mengobati jerawat dengan cara yang benar.


Cara Yang Dianjurkan untuk Pengobatan Jerawat Secara Alami

Jerawat atau yang dalam istilah medisnya disebut acne vulgaris, merupakan  momok yang menakutkan bagi seseorang yang terbiasa mengutamakan penampilan dalam kesehariannya.

Ada beberapa jenis pengobatan yang dianjurkan jika wajahmu terlanjur mengalami jerawat yaitu secara medis maupun usaha pengobatan secara alami yang prakteknya terbukti ampuh sejak jaman dulu.

Untuk kamu yang mengalami jerawatan dan dikesempatan ini ingin memperoleh alternatif dengan cara-cara alami, dibawah ini saya share beberapa solusi pengobatan alami yang tepat buatmu.

Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan, tentunya dengan bahan-bahan alami yang tersedia di sekitar kita.


Dengan Alpukat dan Madu
Alpukat dan madu
Image from google search
Pakar kesehatan menyebutkan Alpukat sebagai buah yang kaya akan kandungan gizi dan memiliki banyak manfaat kesehatan salah satunya menjaga kesehatan kulit karena alpukat mengandung karotenoid antioksidan, vitamin E dan vitamin C yang sangat dibutuhkan oleh kulit kita.
Kemudian madu, manfaatnya tak diragukan lagi. Selain bagus untuk dikonsumsi juga memiliki manfaat pada kulit karena madu memiliki senyawa zat anti bakteri yang disebut zat hidrogen peroksida. Nah kolaborasi dari keduanya terbukti efektif mengatasi permasalah kulit, tak terkecuali jerawat.

Cara pengobatan jerawat dengan buah alpukat dan madu:

~ Kita membuat masker dari bahan alpukat dan madu. Persiapkan kedua bahan ini. Alpukat tak perlu dikupas, cukup pisahkan buah alpukat dengan bijinya kemudian ambil dagingnya. Haluskan alpukat dengan alat penghalus atau manual dengan ditumbuk halus, aduk pada wadah kemudian tambahkan Madu satu sendok hingga menyatu. Bagus juga jika kamu tambahkan perasan lemon, namun ini hanya opsi. Jika sudah, adukan yang sudah rata tadi dibuatkan untuk masker wajah. Penerapannya kamu maskerkan pada wajah yang berjerawat kemudian diamkan 15 hingga 20 menit, selanjutnya bersihkan wajah dengan air hangat. Lakukan terus hingga terlihat hasilnya.


Dengan Buah Lemon

Ini lemon
Image from google search

Kamu tau kenapa lemon sering digunakan sebagai bahan pembuatan produk kesehatan dan kecantikan? Ya, karena kandungannya yang kaya manfaat. Lemon mengandung vitamin C, vitamin B, protein, karbohidrat, asam askorbat-L dan potanium. Menurut penelitian kandungan vitamin C
pada lemon disamping mampu menghilangkan noda kulit dan mencerahkan kulit, ternyata efektif juga mengatasi jerawat pada kulit wajah. Disamping itu Asam askorbat-L yang juga terkandung dlm lemon mampu mengatasi peradangan yang biasa terjadi pada kulit yang berjerawat.

Cara pengobatan jerawat dengan buah lemon:

~ Sebuah lemon kamu potong menjadi dua bagian. Selanjutnya kamu peras sambil dioleskan pada kulit wajah hingga selesai. Diamkan kurang lebih 15 hingga 20 menit. Setelah kamu diamkan, cuci kulit wajah yang di olesi lemon tadi dengan air bersih. Untuk memperoleh hasil yang optimal, lakukan hal ini setiap hari hingga terlihat hasilnya.


Dengan Kulit Jeruk

Ini kulit jeruk
Image from google search

Jeruk selain enak dikonsumsi dan bervitamin, ternyata kulitnya memiliki fungsi menyehatkan untuk kecantikan, utamanya dalam mengatasi jerawat. Ini dikarenakan kulit jeruk memiliki kandungan vitamin C dan asam alpha hidroksi. Kedua kandungan zat ini berperan mengangkat sel kulit mati pada wajah serta kotoran pada pori-pori kulit. Kulit jeruk ini optimalnya nanti dibuatkan masker untuk diterapkan pada wajah yang berjerawat

Cara pengobatan jerawat dengan Kulit jeruk:

~ Persiapkan bahan; kulit jeruk kering, air mawar, bubuk Cendana.
Giling/ haluskan Kulit jeruk yang sebelumnya sudah kamu keringkan hingga merata. Beri beberapa tetes air tawar, tak lupa masukan juga bubuk cendana satu sendok makan. Aduk rata, campuran kulit jeruk, bubuk cendana dan air mawar siap dijadikan masker wajah.

Masker ini bisa digunakan sebagai pengobatan maupun pencegahan jerawat. Cara penggunaannya sederhana, maskerkan pada wajah selama kurang lebih 15 hingga 20 menit setelah itu bilas dengan air bersih atau air hangat.


Dengan Buah Ketimun

Ini mentimun
Image from google search

Tak salah jika buah ketimun direkomendasikan sebagai obat alami dalam mengatasi jerawat karena ketimun sangat kaya akan zat antioksidan, mineral, asam amino dan juga vitamin C. Gabungan dari zat-zat tersebut berkhasiat dan terbukti ampuh mengeluarkan racun dari dalam tubuh, melembabkan kulit dan tentunya mengatasi jerawat.

Cara pengobatan jerawat dengan ketimun:

~ Siapkan ketimun kemudian iris-iris tipis, tempelkan irisan timun tersebut pada wajah yang berjerawat. Biarkan 15 hingga 20 menit kemudian bersihkan wajah dengan air hangat hingga bersih. Jika perlu lakukan proses ini setiap hari agar cepat terlihat hasilnya.


Dengan Australian Tea tree oil

Ini minyak pohon teh australia
Image from google search

Australian Tea tree oil atau minyak pohon teh dari Australia terbukti mujarab menyembuhkan jerawat.
Minyak yang diolah dari jenis tanaman teh bernama latin Melaleuca Alternifolia ini merupakan salah satu tanaman obat yang memiliki banyak sekali manfaat kesehatan dan kesembuhan, diantaranya menyembuhkan jerawat. Untuk memperoleh minyak pohon teh ini biasanya bisa kamu beli secara online.

Cara pengobatan jerawat dengan minyak pohon teh;

~ 5ml minyak pohon teh kamu campur dengan 95ml air. Oleskan dengan kapas secara perlahan pada area kulit yang berjerawat. Disarankan 2 hingga 3 kali dalam sehari.


Dengan Baking Soda

Ini baking soda
Image from google search

Tahukah kamu, Baking soda disebut-sebut dapat menetralkan keasaman pada kulit wajah. Riset membuktikan Baking soda bagus untuk perawatan kulit, terutama mencegah dan membunuh bakteri penyebab jerawat. Baking soda juga dapat
membersihkan kotoran yang menyumbat pori-pori kulit, membersihkan sisa-sisa sel kulit mati, juga dapat menyerap minyak yang berlebih pada kulit. Walaupun begitu, disarankan untuk mengetahui atau mengecek terlebih dahulu reaksinya terhadap kulit kamu. Pada sebagian orang yang kulitnya sensitif, baking soda dapat menyebabkan reaksi panas dan kemerahan pada kulit.

Cara mengobati jerawat dengan baking soda;

~ Ambil 2 sendok baking soda, tambahkan 5ml air atau 1 sendok makan. Aduk, oleskan campuran baking soda tersebut pada kulit wajah yg berjerawat. Tunggu 15 hingga 20 menit lalu bilas wajah dengan air hangat.


Dengan Putih Telur

Ini putih telur
Image from google search

Telur sejak dulu terkenal memiliki banyak kandungan protein dan vitamin yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan manfaat lainnya yang berhubungan dengan kebugaran dan perawatan kulit.
Kuning telur dan putih telur masing-masing memiliki manfaat yang berbeda. Khususnya pada putih telur,
kandungan zat-zat yang terdapat pada putih telur terbukti ampuh mengatasi berbagai masalah kulit seperti komedo, jerawat, mengencangkan kulit wajah, mengecilkan pori-pori pada kulit wajah, mencerahkan wajah serta mengatasi kulit kering dan berminyak. Selain itu, enzim lysozim yang terdapat pada putih telur ternyata mampu menghancurkan dinding sel bakteri penyebab jerawat.

Cara mengobati jerawat dengan putih telur;

~ Sebutir telur ambil bagian putihnya saja. Kocok sebentar kemudian maskerkan pada wajah. Biarkan sampai mengering kira-kira hingga 15 menit. Sesudahnya bersihkan wajah dengan air hangat.


Dengan lidah buaya

Ini lidah buaya
Image from google search

Aloe vera atau lidah buaya sejak dulu digunakan praktisi kesehatan sebagai alternatif perawatan kulit dan pengobatan alami berbagai permasalahan kulit, terutama jerawat. Zat zat aktif yang terkandung pada lidah buaya seperti Magnesium laktat dan Antrakuinon yang berperan dalam pemulihan jerawat, hormon giberelin dan polisakarida yang mampu mengatasi bakteri penyebab munculnya jerawat, serta beberapa zat lain seperti
zat antioksidan, vitamin C, vitamin E dan mineral yang mendukung dalan proses mempercepat penyembuhan jerawat pada kulit.

Cara pengobatan jerawat dengan lidah buaya;

~ ambil secukupnya irisan daun lidah buaya. Gunakan gel yang terdapat pada dagingnya untuk dioleskan pada wajah. Biarkan beberapa saat (antara 5 hingga 10 menit) kemudian bilas dengan air bersih.


Dengan Gula Murni

Ini gula
Image from google search

Kandungan AHA dan juga asam glikolat yang terdapat pada gula ternyata baik dan efektif dalam perawatan kulit. Senyawa yang terdapat pada gula dan kandungan Zat anti bakterinya dapat mengikis sel kulit mati serta mampu membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat.

Cara mengobati jerawat dengan bahan gula murni;

~ pada wadah ambil gula dan campurkan air secukupnya hingga mengental. Oleskan pada area wajah yang berjerawat dan biarkan mengering (antara 15 hingga 20 menit). Kemudian bersihkan wajah dengan air hangat.


Mengatasi Iritasi Pada Kulit yang Sensitif Akibat Pengobatan Jerawat

Iritasi dapat diartikan gangguan pada kulit yang timbul disebabkan oleh berbagai penyebab dengan gejalanya seperti kemerahan, gatal, perih, dan kadang disertai pembengkakan pada kulit yang terdampak.

Dalam mengobati iritasi kulit akibat pengobatan jerawat dapat kita lakukan dengan pemberian steroid dalam bentuk topikal atau salep. Umumnya dalam 1 hingga 2 minggu iritasi kulit akan sembuh, hal ini seiring proses pada regenerasi kulit.

Tips-tips berikut ini dapat dilakukan untuk iritasi pada kulit yang sensitif:

• Membersihkan wajah teratur 2 kali dalam sehari. Gunakan sabun wajah yang lembut dengan dibilas air bersih.

• Menggunakan sabun yang diformulasikan buat kulit sensitif lebih diutamakan.

• Membasuh dan menggosok muka dengan cara yang lembut dan perlahan

• Lap wajah dengan handuk secara lembut, cukup ditepuk-tepukan perlaham pada wajah.
Harap hindari menggosok wajah secara kasar karena dapat memperparah iritasi.

• Sangat tidak disarankan memakai produk kulit yang memiliki kandungan parfum.

• Gunakan produk tabir surya dengan SPF 3o jika beraktifitas diluar yang terpapar sinar matahari, karena jika tidak iritasi bisa semakin bertambah karena kandungan ultraviolet sinar matahari tidak berdampak baik pada kulit yang iritasi.

• Pelembab wajah yang memiliki kandungan formula hypoallergenic sangat disarankan untuk jenis kulit kering.

• Kamu dapat memilih produk yang memiliki sedikit komposisi kimia. Semakin sedikit semakin baik karena kandungan bahan yang beragam salah-salah dapat  menyebabkan iritasi kulit.

• Sesekali kompres wajah dengan air es jika merasakan gatal atau kemerahan pada kulit, niscaya akan mereda.

• Memperbanyak minum air putih dipercaya dapat menjaga kelembaban kulit karena iritasi kulit lebih rentan pada kulit yang kering.

Demikian tips Bagaimana cara Mengobati jerawat secara alami dan Mengatasi iritasi yang bisa terjadi akibat pengobatan utamanya pada kulit yang sensitif. Harapannya semoga artikel ini banyak bermanfaat bagi kita semua, terutama yang memiliki masalah jerawat pada kulit wajah yang mengganggu. Saya doakan semoga cepat sembuh, amin.

*Disarikan dari berbagai sumber terpercaya


Tag : kesehatan
0 Komentar untuk "Bagaimana Cara Efektif Mengobati Jerawat Secara Alami"

Back To Top