Skip to main content

Apa Sebenarnya Fungsi Root Pada Android Itu

AiBeiC blog | Apa sebenarnya fungsi root pada Android itu - Kita sering mendengar istilah root pada android, tapi tahukah sebenarnya apa root itu sih?
Pengertian root pada android
image by techiestuffs.com
Root pada dasarnya sama dengan jailbreaking pada Apple. Jika root istilah pada android sedangkan jailbreak disematkan untuk kegiatan root pada produk apple khususnya iphone. Jadi Root itu sama saja dengan jailbreak. Begitu kurang lebih, hehe..

Pada dasarnya istilah root itu begini; sesuatu kegiatan atau hal dimana kita sebagai pengguna/pemakai memperoleh hak akses lebih untuk merombak atau meng-edit program android seperti layaknya developer bahkan sampai pada tahap system bawaannya. Root ini familiar dikalangan pengguna yg suka modifikasi program android, karena didasarkan pada hobi atau bahkan tuntutan pekerjaan.

Jika kita uraikan banyak sekali sebenarnya kegunaan atau manfaat dari root ini.

Beberapa poin dibawah ini adalah fungsi-fungsi dari root:


1. Tidak apa pembatasan hak akses.

Bagi pengguna yang hobi utak-atik perangkat android, hal ini sangat menyenangkan sekali. Kita diberikan keleluasaan dalam mengexplore perangkat software yang ada pada android yang sebelum diroot tidak mungkin bisa untuk dilakukan.

Namun hal ini bisa membawa kita kedua sisi kemungkinan,  berpengaruh negatif yang mungkin akan merugikan atau positif jika ditempatkan pada porsi yang benar..

..Semua tergantung pengguna tentunya.


2. Fungsi root meningkatkan performa android.

Ini salah satu kelebihan rooting pada android, performa perangkat android kita bisa meningkat dari yang sekedar biasa-biasa saja menjadi yang luar biasa. Tentu ini dilakukan dengan merombak beberapa software system dan hanya dikerjakan oleh pengguna yang telah ahli karena resiko yang ditimbulkan jika salah dalam pengoperasiannya akan cukup merugikan, bisa mengakibatkan kerusakan yang cukup parah.


3. Firmware update semakin mudah dan menyenangkan.

Sebagai contoh kita bisa saja mengganti logo android, gambar, font ataupun warna menu pada tampilan android. Seluruh konfigurasi fisik serta animasi-animasi dapat kita kustomisasi dengan mudah sekali.

Itu semua bisa dilakukan jika perangkat android kita sudah di root.


4. Bisa memperoleh software pihak ketiga.

Kalau kita ingin upgrade sistem android ke versi yang lebih tinggi, kamu juga bisa dengan bantuan software khusus. Dengan begitu kamu kamu akan menikmati pengalaman berbeda dengan fitur-fitur update terbaru.


5. Bisa menghapus atau menonaktifkan aplikasi bawaan.
Fungsi root pada android akan sangat terasa saat kita merasa jengkel pada aplikasi bawaan yang selalu muncul mengganggu padahal tidak berguna bagi kamu. Dengan root kamu bisa menonaktifkan atau menghapus beberapa aplikasi tersebut.


6. Mod custom ROM.

Kalau kamu menyukai sistem android alternatif seperti Cyanogen misalnya, dengan root kita bisa melakukannya. Kegiatan ini beresiko tinggi. Perlu diketahui biasanya ini ranahnya pengguna android kelas expert alias pengguna yang menguasai seluk-beluk android. Tapi jika kamu mau mencoba, ulasan ilmu ini banyak ditemukan pada forum-forum android seperti
forum.xda-developers. com

Panduan tentang mod costumer Rom ini nantinya akan saya coba angkat tersendiri, semoga saja...


7. Mudah optimalisasi Ram.

Dengan root kita juga bisa menambah atau mengoptimalkan memori ram android.

Kinerja android yang membutuhkan memori ram yang banyak, pada perangkat tertentu, apalagi kelas low end, kadang aplikasi tidak berjalan maksimal jika menggunakan ram standar bawaan. Lag, force close, dan permasalahan lain merupakan hal yang lumrah karena kemampuan perangkat yang terbatas.

Dengan melakukan rooting pada perangkat, kita bisa lebih optimalisasi pada fungsi RAM agar lebih handal. Opsi inilah kebanyakan jadi pertimbangan bagi sebagian pengguna untuk me-root android mereka.


8. Dengan root kita bisa backup aplikasi menyeluruh, kemudian membuka akses pemindahan aplikasi dari memori internal ke eksternal, mudah bahkan tanpa bantuan software.


Beberapa hal yang harus kita perhatikan dalam melakukan root pada smartphone android ialah kegiatan root pada android merupakan "high risk", maka lakukan root dengan sangat berhati-hati dan sesuaikan dengan langkah-langkahnya, sebab jika selangkah saja kesalahan bisa menyebabkan kerusakan yang fatal. Dan jangan lupa, dengan root garansi perangkat akan hilang, ini berarti segala kerusakan ditanggung sendiri. Mungkin inilah yang menyebabkan sebagian pengguna mengurungkan niatnya untuk meroot android mereka.

Kelemahan lain pada kegiatan root ini, rooting pada sebagian perangkat android bisa mengakibatkan overheating atau panas yang berlebih. Dampaknya terkadang membuat sistem android tidak berperilaku secara normal.

Saran; bijak-bijaklah dalam meroot android, jangan terlalu over, sesuaikan saja dengan kapasitas android yang kamu punya.

Intinya dengan ilmu root ini membuat kita tahu lebih banyak tentang manfaat dan kerugian root pada android, sehingga apakah root diperlukan untuk perangkat android kamu, biar kamu sendiri yang menentukan.

Bagaimana? Tertarik untuk root HP android kamu?




Comments

  1. thanks miin artikelnya ini, jadi tahu soal fungsi root sebenernya untuk smartphone ini...
    lampu meja

    ReplyDelete
  2. Taipan Indonesia | Taipan Asia | Bandar Taipan | BandarQ Online
    SITUS GAME KARTU ONLINE EKSKLUSIF UNTUK PARA BOS-BOS
    Kami tantang para bos semua yang suka bermain kartu
    dengan kemungkinan menang sangat besar.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    Cukup Dengan 1 user ID sudah bisa bermain 7 Games.
    • AduQ
    • BandarQ
    • Capsa
    • Domino99
    • Poker
    • Bandarpoker.
    • Sakong
    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
    • FaceBook : @TaipanQQinfo
    • WA :+62 813 8217 0873
    • BB : D60E4A61
    Come & Join Us!!

    ReplyDelete

Post a Comment

baca juga...

Cara Praktis CopyPaste Tulisan Pada Sebuah Gambar Lewat Aplikasi Android

AiBeiC blog | Cara praktis copy paste tulisan pada sebuah gambar lewat aplikasi smartphone android -  Biasa kita tertarik dengan sebuah kata-kata atau mungkin juga sebuah artikel dan ingin kita salin kata tersebut pada sebuah notepad atau media tulis digital lainnya, tapi sayang kata kata tersebut masih dlm bentuk gambar mustahil rasanya buat di copy dan paste kecuali disalin/ diketik manual... ...Kalau kalimat pendek sih tidak apa diketik manual, masalahnya bagaimana kalimat pada gambar tersebut panjang bagai rel kereta api? Tentu capek dan malas buat menulisnya pada media tulis lain. Nah, Untuk itu kali ini akan saya share cara copy-paste tulisan pada sebuah gambar secara praktis lewat aplikasi smartphone android. Mungkin sebelum ini kamu atau saya pun tak pernah terlintas bahwa sebuah gambar yang berisi tulisan, tulisannya bisa di salin dan paste kan. Yang masuk akal adalah bahwa gambar tersebut hanya bisa didownload atau diedit, begitu yang saya tau hehe.. ...Tapi itu du

Cara meRoot Android tanpa Pc dengan Aplikasi Root

AiBeiC blog | Cara meRoot Android tanpa Pc dengan Aplikasi Root - Sebelum kita mengulas cara meroot android kamu tanpa perangkat pc ini, mungkin kita perlu penjelasan sedikit bagi yang belum tahu apa sih root itu? Root adalah suatu keadaan dimana pengguna dari sebuah perangkat cerdas khususnya android memperoleh hak akses lebih (hak istimewa) untuk merombak atau mengedit program android seperti layaknya developer bahkan sampai tahap system bawaan. Selengkapnya informasi ini bisa kamu baca pada postingan saya Apa Sebenarnya Fungsi Root Pada Android Itu . Kamu yang punya perangkat komputer dirumah, baik pc maupun laptop, mudah saja untuk me root android dengan tutorial root android lewat pc . Tapi buat yang belum punya pc jangan pesimis dulu karena sekarang sangat banyak sekali aplikasi yang bisa membantu pengerjaan root di android kamu lewat perangkat android itu sendiri. Jadi ini tidak perlu menggunakan bantuan komputer untuk proses rootnya. Aplikasi Root Terbaik Untuk An

Tips Hemat Kuota Internet Terbaru Untuk Pengguna Android

AiBeiC blog | Tips hemat kuota internet terbaru untuk pengguna android - Pengguna internet untuk dapat mengakses internet tentu wajib punya pulsa internet, baik jenis kuota reguler maupun unlimited. Bisa saja sih dengan gratisan, seperti wifi di area hotspot gratis ataupun dengan cara hacking operator pulsa seperti para komunitas gretongers yang menjamur didunia maya. Komunitas ini biasanya mangkal di forum-forum khusus yang memiliki idealisme serupa dengan membernya yaitu suka hal-hal yang berbau gratisan. Mereka tak sungkan memberikan panduan atau tips hack operator pulsa biar bisa internetan gratis. Tapi hal itu sungguh merepotkan bagi sebagian orang, apalagi tidak semua orang expert atau ahli mengkonfigurasi kan layanan provider agar bisa di hack. Perlu keterampilan dan bakat khusus, disamping keberuntungan juga sih... Pengguna smartphone atau gadget pintar lainnya, pada umumnya butuh hal yang terkesan praktis namun tetap efektip. Begitu pula halnya bagaimana dalam ef