Skip to main content

Metode Ampuh Supaya Aktif Ngeblog

AiBeiC blog | Metode ampuh supaya aktif ngeblog - Jangan tertipu dengan judulnya yak hehehe.. Saya juga blogger biasa kok, bukan seorang blogger master atau suhu blogger atau juga seorang motivator.

Saya mau luruskan, disini saya tidak bermaksud untuk mengajari atau membimbing atau apalah perumpamaan yang serupa. Lebih mirip ini sekedar ruang berbagi sharing saja, sedikit pengalaman saya ini mungkin bisa bermanfaat jika di tularkan kepada teman teman sesama newbie di dunia blogging. Dan tentu saya akan lebih senang apabila teman teman juga mau berbagi kepada saya cara selama ini yang kamu terapkan, bagaimana kamu menyikapi rasa malas dan bagaimana caranya agar aktif dalam ngeblog.

Ngeblog - teknik dan cara
Gbr kidslearntoblog.com

Tak dipungkiri ada masanya kita jenuh melakukan aktifitas yang itu itu saja. Tak terkecuali dengan ngeblog. Saya sering berpikir, apa sih tujuan semula saya bikin blog? Share info? berbagi pengalaman hidup? Atau cari duit?

Yah, passion setiap orang dalam ngeblog memang beda beda.

Yang saya tahu ngeblog pada dasarnya merupakan aktifitas yang menyenangkan. Akan lebih menyenangkan jika diawali dengan niat berbagi.

Ada aura kesenangan yang berbeda jika seorang blogger ngeblog hanya untuk cari penghasilan.

Saya sering baca kisah sukses dan riwayat blogger yang kini telah sukses dan bisa menghasilkan uang dari blog miliknya. Faktanya, rata rata blogger yang passion awal blogging tidak punya target financial cenderung produktif dalam posting artikel blog, penghasilanpun turut serta mengalir bahkan tanpa monetasi blog yang berlebihan.

Berbanding terbalik dengan blogger (pemula) yang berorientasi pada tujuan membikin blog untuk cari penghasilan. Bukan bermaksud men-justice, umumnya blogger jenis ini butuh waktu yang lama untuk memperoleh hasil. Bahkan tidak sedikit yang berhenti di tengah jalan, berhenti ngeblog karena tidak mendatangkan hasil.

Problema blogger secara umum, bahkan saya rasakan sendiri adalah malas. Saya rasa malas ini mungkin penyakit masyarakat umum, bukan cuma blogger hehee..

Malas bagi seorang blogger merupakan hambatan terbesar untuk maju. Sebenarnya bukan hanya buat blogger saja sih.....

Balik ke pokok persoalan.

Banyak kendala yang tidak mereka (blogger) sadari diawal dan baru terasa belakangan, menimbulkan rasa malas dalam ngeblog.

Mengapa bisa begitu?

Realitanya kebanyakan blogger yang berprinsip cari duit pada saat terjun memutuskan menjadi seorang blogger mereka dalam kondisi belum siap, kurang menguasai materi sehingga tak jelas apa yang akan di sharing, akhirnya kesulitan mendapatkan target pengunjung blog. Efeknya tentu susah untuk meningkatkan jumlah kunjungan blog.

Apalagi banyak juga dari blogger yang terkendala karena tak paham apa yang mesti di sampaikan dalam ulasan postingan yang hendak di publish, bahkan mungkin cenderung memaksakan diri.

Dan yang lebih parah lagi adalah copypaste artikel dari blog lain secara membabi buta hanya karena malas bikin atau malas edit artikel sendiri.

Seandainya mereka tahu,
Copypaste artikel sangat tidak baik untuk keberlangsungan situs blog itu sendiri.

Di internet banyak sekali ulasan yang membahas tentang urusan menjiplak artikel ini. Jika blog terdeteksi menjiplak artikel dari blog lainnya, maka berhati-hatilah....Mesin serp seperti google, Yahoo, Bing dll akan men-cap blog tersebut sebagai sebagai blog plagiat.

Apa yang terjadi, tentu saja bisa dipenalty dari mesin pencari yang mengakibatkan jumlah kunjungan blog merosot, atau bahkan stagnan gak maju maju.

Lalu, adakah solusinya?

Sebenarnya cara yang cukup masuk akal adalah merubah mindset kita dalam ngeblog.

Saya sendiri mulai menerapkannya sejak saat ini. Menurut opini saya pribadi, Pola kita dalam ngeblog jangan lagi terfokus pada cari uang, biarlah ikuti arus saja.

Sekali lagi ini opini pribadi saja yak...

Bebaskan ekspresimu dalam ngeblog, jangan terkekang aturan-aturan baku blogging. Yang penting satu, usahakan originalitas dalam posting artikel.

Kamu bebas menentukan passion kamu dalam ngeblog selama itu sesuai dengan keinginan. Karena kembali lagi, passion setiap orang berbeda beda dalam ngeblog, maka maksimalkanlah potensi yang kamu punya. Ya nggak?


Begini Alternatif Metode Ampuh agar Aktif dalam Ngeblog


Mari kita belajar bersama dengan menerapkan kiat supaya aktif ngeblog dengan memberi sugesti pada diri sendiri, seperti :

1.Dengan ngeblog kegiatan ini bisa menguji kreatifitas kita.

Cobalah pada saat pertama kita mau ngeblog konsisten dengan niche/tema/rencana topik blog yang akan kita buat. Ngeblog untuk curhat, share info menarik, pengalaman hidup, niche gado-gado/campuran dari kesemuanya, dan lain sebagainya, itu sah-sah aja.

2. Anggap ngeblog seperti kekasih yang perlu diberi perhatian lebih.

Nah, lho 😍? Jika sudah begitu, perhatianmu pasti selalu tercurah untuk blog kamu.
Kamu akan sering merawatnya, memperindah tampilan blog kamu, mengisinya dengan artikel yang bagus, lalu meng optimasinya dan lain lain. Semua kamu lakukan dengan perasaan sayang.

3. Kemudian bisa juga kita motivasi diri dengan ngeblog bisa mendatangkan penghasilan bagi kita.

Banyak sekali blogger diluar sana yang termotivasi ngeblog karena dari blog dapat menghasilkan uang.

Sebagai blogger pemula, saran saya tingkat kan dulu kualitas blog baru kita memikirkan memonetisasi blog. Mengalir saja secara natural, jadinya tidak membebani diri....

4. Dengan ngeblog kita bisa share/ berbagi kesemua biar dapat pahala hehe..

Apalagi jika postingan kita bermanfaat bagi pembaca, bukan hanya pahala yang didapat tapi juga kepuasan dalam dalam berbagi karena mereka mendapatkan manfaat dari apa yang kamu share..

5. Wawasan kita semakin bertambah dan bisa dapat banyak teman, baik sesama blogger maupun siapa saja.

6. Tambahkan sendiri, yak...


Demikian tips cara mudah agar kita aktif dalam ngeblog. Disini saya berusaha share hal hal yang kiranya positif demi kemajuan blogging, semoga ini bisa bermanfaat bagi semua.


Sekian dulu, jangan lupa intip artikel saya lainnya di AiBeiC blog - apabagaimanacara.blogspot.com ini ya...

Comments

baca juga...

Cara Praktis CopyPaste Tulisan Pada Sebuah Gambar Lewat Aplikasi Android

AiBeiC blog | Cara praktis copy paste tulisan pada sebuah gambar lewat aplikasi smartphone android -  Biasa kita tertarik dengan sebuah kata-kata atau mungkin juga sebuah artikel dan ingin kita salin kata tersebut pada sebuah notepad atau media tulis digital lainnya, tapi sayang kata kata tersebut masih dlm bentuk gambar mustahil rasanya buat di copy dan paste kecuali disalin/ diketik manual... ...Kalau kalimat pendek sih tidak apa diketik manual, masalahnya bagaimana kalimat pada gambar tersebut panjang bagai rel kereta api? Tentu capek dan malas buat menulisnya pada media tulis lain. Nah, Untuk itu kali ini akan saya share cara copy-paste tulisan pada sebuah gambar secara praktis lewat aplikasi smartphone android. Mungkin sebelum ini kamu atau saya pun tak pernah terlintas bahwa sebuah gambar yang berisi tulisan, tulisannya bisa di salin dan paste kan. Yang masuk akal adalah bahwa gambar tersebut hanya bisa didownload atau diedit, begitu yang saya tau hehe.. ...Tapi itu du

Cara meRoot Android tanpa Pc dengan Aplikasi Root

AiBeiC blog | Cara meRoot Android tanpa Pc dengan Aplikasi Root - Sebelum kita mengulas cara meroot android kamu tanpa perangkat pc ini, mungkin kita perlu penjelasan sedikit bagi yang belum tahu apa sih root itu? Root adalah suatu keadaan dimana pengguna dari sebuah perangkat cerdas khususnya android memperoleh hak akses lebih (hak istimewa) untuk merombak atau mengedit program android seperti layaknya developer bahkan sampai tahap system bawaan. Selengkapnya informasi ini bisa kamu baca pada postingan saya Apa Sebenarnya Fungsi Root Pada Android Itu . Kamu yang punya perangkat komputer dirumah, baik pc maupun laptop, mudah saja untuk me root android dengan tutorial root android lewat pc . Tapi buat yang belum punya pc jangan pesimis dulu karena sekarang sangat banyak sekali aplikasi yang bisa membantu pengerjaan root di android kamu lewat perangkat android itu sendiri. Jadi ini tidak perlu menggunakan bantuan komputer untuk proses rootnya. Aplikasi Root Terbaik Untuk An

Tips Hemat Kuota Internet Terbaru Untuk Pengguna Android

AiBeiC blog | Tips hemat kuota internet terbaru untuk pengguna android - Pengguna internet untuk dapat mengakses internet tentu wajib punya pulsa internet, baik jenis kuota reguler maupun unlimited. Bisa saja sih dengan gratisan, seperti wifi di area hotspot gratis ataupun dengan cara hacking operator pulsa seperti para komunitas gretongers yang menjamur didunia maya. Komunitas ini biasanya mangkal di forum-forum khusus yang memiliki idealisme serupa dengan membernya yaitu suka hal-hal yang berbau gratisan. Mereka tak sungkan memberikan panduan atau tips hack operator pulsa biar bisa internetan gratis. Tapi hal itu sungguh merepotkan bagi sebagian orang, apalagi tidak semua orang expert atau ahli mengkonfigurasi kan layanan provider agar bisa di hack. Perlu keterampilan dan bakat khusus, disamping keberuntungan juga sih... Pengguna smartphone atau gadget pintar lainnya, pada umumnya butuh hal yang terkesan praktis namun tetap efektip. Begitu pula halnya bagaimana dalam ef