Skip to main content

Menulis Artikel Blog Dengan Teknik Listing

AiBeiC blogMenulis Artikel Blog Dengan Teknik Listing - Blog akan terdongkrak naik dengan menerapkan teknik listing. Menggunakan metode listing dalam penulisan artikel blog sangat bermanfaat agar trafik blog dapat meningkat.

Menurut ilmu yang saya peroleh dari berbagai sumber, cara membuat blog agar menjadi terkenal dan bagus dimata seo adalah dengan teknik membuat postingan yang menganut gaya listing atau daftar.

Mengapa harus dengan teknik listing?

Metode Listing dalam menulis artikel blog bisa di analogikan seperti halnya teknik seo on page yang selama ini banyak diterapkan blogger-blogger top didunia.
Listing
gambar dari neilwaterhouse.com
Jadi teknik listing ini secara teori dan prakteknya merupakan teknik yang sangat top dan paling efektif untuk membuat postingan kita bisa menyebar dan merambat secara terstruktur diperamban internet.

Belum percaya?

Coba deh kita lihat sendiri website dari situs-situs bookmarking yang terkenal.

Ambil contoh saja situs TweetMeme, Digg atau pun situs Delicious. Nah, dari situs tersebut sudah jelas dan kita bisa lihat sendiri konten situs yang mendapat viewer tinggi jika kita perhatikan umumnya ditulis menggunakan teknik gaya listing.

Benar kan?


Alasan Postingan Dalam Bentuk listing Bagus dan Seo friendly

Setidaknya ada 8 alasan mengapa postingan artikel yang berbentuk listing ini sangat powerfull dan banyak diterapkan dikalangan blogger:


1. Dapat memudahkan orang membaca konten secara sepintas.


[Baca juga:
Tutorial Menghilangkan Kata Recommend This In Google Pada Blogspot]


Konon, pada umumnya orang inginnya serba cepat, mudah dan ringkas. Begitu juga dengan para visitor blog, mereka pada umumnya malas jika harus membaca postingan yang panjang, merunut kata per kata. Mereka kebanyakannya to do point. Gak pakai lama.

Nah, dengan teknik postingan yang bergaya listing ini memudahkan pembaca melihatnya cukup secara sepintas kemudian mencari poin-poin penting apa saja sih yang ada pada artikel yang kita posting. Imbasnya jika menurut mereka poin-poin itu menarik bagi mereka maka kemungkinan besar mereka akan membacanya sampai habis.

Garis besarnya teknik ini menuntut kita untuk membuat postingan yang menarik agar pengunjung blog betah.


2. Teknik listing membuat postingan menjadi ringkas.

Dengan me-listing atau meng-urutkan poin penting yang mau disampaikan, dapat membuat mudah kita dalam penulisan artikel yang mau ditulis. Jadi kita dapat langsung ke pokok atau inti artikel saja apa hal-hal yang harus ditulis, tidak ngelantur kemana-mana.

Betul nggak?


3. Tak kalah penting listing dapat membuat postingan kelihatan rapi.

Kebiasaan pada umumnya orang lebih menyukai membaca postingan yang kelihatan terurut dan rapi. Ya, sebagian besar kita menyukai hal-hal yang terlihat rapi walaupun mungkin isi artikelnya sudah hampir basi.

Nah, coba kita bayangkan bagaimana seandainya kita melihat sebuah blog yang postingannya tidak rapi, sudah itu artikelnya pun basi sudah tidak up to date, saya pikir kita dapat melihat apa yang akan terjadi selanjutnya. Kemungkinan besar blog kita hanya sebagai transit bagi pengunjung kita. Numpang lewat doang.


4. Dapat memuat banyak hal.

Meskipun konon nih, katanya banyak blogger yang memiliki pendapat bahwa penulisan dengan gaya listing itu bisa membuat ide dan konsep menjadi rusak. Terlalu terkonsep dan formal.

Masa sih?

Pendapat ini sesungguhnya tidak sepenuhnya benar. Jika artikel ditulis dengan cara yang benar teknik listing juga sama bagusnya dengan gaya menulis yang lain.


5. Meyakinkan pembaca.

Dengan membuat postingan yang bergaya listing, dapat membuat orang menjadi lebih yakin dengan apa yang dibacanya karena disertakan dengan list data-data dan fakta-fakta yang dapat menguatkan argumen kita.

Pasti setuju kan, dengan artikel ini?


6. Memudahkan dalam penulisan.

Memudahkan kita membagi bagi ide tulisan kedalam potongan garis kecil dan bisa dikembangkan. Hal ini membuat kita bisa lebih memfokuskan pikiran point to point.

Yap, ..


7. Mudah dalam menguraikan ide.

Teknik Listing dapat kita gunakan dalam menyebarkan ide .

Konon (lagi), para blogger itu sangat suka hal-hal yang ada kaitannya dengan seo blog, untungnya teknik listing ini berkaitan erat dengan seo khususnya seo on page sehingga bisa jadi ini salah satu cara yang bisa membuat blog kita terangkat dan diperhitungkan.


8. Dapat menyederhanakan hal yang rumit.

Inilah salah satu penyebab kenapa listing itu sangat banyak difavoritkan para blogger-blogger handal. Dengan teknik listing, ide atau tugas penulisan yang tadinya susah alias rumit akan tampak menjadi lebih sederhana jika kita susun jadi sebuah daftar.

Bagaimana?

Masih tidak yakin bahwa teknik listing itu menarik dan bisa membuat blog kita menjadi top?

Percaya aja deh, hehee..


Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Penerapan Teknik Listing

Saya yakin setelah baca pembahasan ini kalian akan cepat-cepat mempersiapkan diri guna membuat tulisan artikel yang bergaya listing.

Tapi sabar dulu...

..sebenarnya ada beberapa point lagi yang harus kita perhatikan dalam membuat tulisan artikel bergaya listing ini supaya berjalan sesuai dengan teori.

Apa saja, cekidot:


1. Sebelum kita tuangkan tulisan, tentukan dulu berapa banyak poin atau item yang hendak kita masukkan kedalam list. Kita bisa bereksperiman dikertas coretan atau notepad garis besar ide yang terlintas, kemudian coba kita kembangkan hal-hal yang mau kita tulis sekiranya menjadi suatu susunan kalimat yang utuh dan komunikatif.


2. Berusaha pertahankan kemiripan pada setiap point.

Begini maksudnya, saat ide sudah muncul tuangkan saja semua kedalam tulisan sesuai konsep yang ada. Pertahankan agar struktur tulisan disetiap item tidak jauh berbeda. Namun bukan berarti menuliskan dengan kata-kata yang sama secara berulang. Ringkasnya kita membuat penjelasan artikel dengan menambahkan kata turunan dari setiap point yang ditulis. Dengan kata lain: memanjang-manjangkan kalimat.

Cara ini membuat pembahasan materi akan menjadi mekar terurai. Mantap tuh biar standar tulisan menurut pakar seo (+- up 1000an kata/ artikel kalau nggak salah) terpenuhi.


3. Usahakan jumlah tulisan minimal 10% lebih banyak dari target. Setelah dibuat list, dan kita mengetahui jumlah daftarnya, langsung saja kita eksploitasi ide-ide yang terpikirkan, uraikan secara mendetail per point jika perlu ditambahkan bumbu-bumbu pemanis kata sehingga kamu akan mendapatkan artikel kamu ditulis melebihi target semula. Tapi jangan salah, penulisan diharapkan tetap terstruktur jangan melenceng dari topik pembahasan agar tetap dinamis dan terpola. Sehingga tetap enak buat disimak nantinya oleh pembaca.


4. Urut dan cocokkan ulang daftar tulisan.

Apakah perlu?

Kadang saat kita menulis tak pernah terlintas bahwa point A seharusnya dibawah point B. Struktur kalimat perpoint belum urut.

Perlu kita ricek ulang hasil tulisan sebelum di publish, sekiranya artikel tersebut urut jangan terbolak balik. Hal ini penting agar yang membaca bisa tersuguhi secara baik dan menganggap postingan kita berkualitas.


5. Pikirkan apakah postingan ini akan dibuat berkelanjutan.

Beberapa blogger profesional sering kita temui pada postingan mereka untuk pembahasan hal-hal tertentu dibuatnya secara berlanjut ke postingan berikutnya.

Sah-sah saja jika ide penulisan artikel memang harus dibuat bersambung dikarenakan pembahasannya yang terlalu panjang. Sangat sayang jika hanya dibuat 1 post, dampaknya cukup efektip sehingga jumlah page view blog kita semakin meningkat.

Saya rasa ini bagus juga buat seo blog.


7. Tetap Konsisten.

Konsisten alias tidak plin-plan. Konsisten adalah hal yang mutlak agar informasi yang ditulis memang benar benar dibutuhkan pembaca. Artinya materi artikel dapat dipertanggung jawabkan, bukan mengada-ada.


8. Fokus pada partisipasi pembaca.

Pada setiap akhir postingan minta partisipasi pengunjung, bisa dalam bentuk pendapat ataupun mengajaknya diskusi tentang materi artikel.

Hal ini sudah sering diterapkan banyak para blogger untuk lebih dekat dengan pengunjung blognya.


9. Setelah tadi kita selesai membuat artikel beserta poin dan isinya, tugas kita hampir 100% rampung, tinggal mencari/ membuat judul yang "ketar membahana".

Buat judul yang sekiranya orang akan tertarik terhadap postingan kita tapi tetap seo friendly. Tentunya judul harus memikat dimata pengunjung dan pada search engine.

Kamu bebas berekspresi dalam penamaan judul yang menari versi kamu sendiri. Contoh versi saya, jika artikel kita membahas tentang (misalnya) 'bagaimana cara yang benar supaya kita bisa mendapat simpati dari wanita", kita bisa membuat judul "10 cara ampuh dalam memikat wanita, garansi gan"

hehe...


Demikian topik kita kali ini yaitu Menulis Artikel Blog Dengan Teknik Listing.

Bagaimana pendapat kalian? Silahkan beri komentar atau masukannya supaya materi ini lebih berisi.

Comments

Post a Comment

baca juga...

Tips Hemat Kuota Internet Terbaru Untuk Pengguna Android

AiBeiC blog | Tips hemat kuota internet terbaru untuk pengguna android - Pengguna internet untuk dapat mengakses internet tentu wajib punya pulsa internet, baik jenis kuota reguler maupun unlimited.

Bisa saja sih dengan gratisan, seperti wifi di area hotspot gratis ataupun dengan cara hacking operator pulsa seperti para komunitas gretongers yang menjamur didunia maya. Komunitas ini biasanya mangkal di forum-forum khusus yang memiliki idealisme serupa dengan membernya yaitu suka hal-hal yang berbau gratisan.

Mereka tak sungkan memberikan panduan atau tips hack operator pulsa biar bisa internetan gratis.

Tapi hal itu sungguh merepotkan bagi sebagian orang, apalagi tidak semua orang expert atau ahli mengkonfigurasi kan layanan provider agar bisa di hack. Perlu keterampilan dan bakat khusus, disamping keberuntungan juga sih...


Pengguna smartphone atau gadget pintar lainnya, pada umumnya butuh hal yang terkesan praktis namun tetap efektip. Begitu pula halnya bagaimana dalam efesiensi kuota…

Trik Bagaimana Cara Menarik Searching Dengan Google

AiBeiC blog | Trik bagaimana Cara menarik Searching dengan google - Entah berapakali kita searching di internet menggunakan pencarian google, namun tau gak sih ternyata om google punya beberapa trik unik dlm menampilkan teknik pencariannya dan perlu untuk kamu coba.
Mungkin ini berita lama dan sedikit basi, tapi realitanya masih banyak juga yang belum tau.

Setau saya trik ini ada banyak, namun saya akan coba contohkan beberapa saja yang menarik untuk kita praktekkan.


1. Do a barrel roll.

Teknik ini menampilkan tampilan search engine berputar atau rolling pd tampilan halaman kita. Jika tidak terbiasa kamu akan terkejut pada saat lihat pertama kali.

Ok, Caranya biasa saja, kamu buka situs Google, lalu ketikan "do a barrel roll"tanpa tanda petik.

Kalau gak mau ribet bisa juga secara langsung dengan cara klik link berikut:

http://www.google.co.id/search?q=do+a+barrel+roll&ie=utf-8&oe=utf-8&aq=t&rls=org.mozilla:id:official&client=firefox-a


2. Google Askew / Goo…

Mengenal IP static - IP dynamic | Cara Setting Alamat IP Pada Windows 7 Secara Mudah

AiBeiC blogMengenal IP static - IP dynamic | Cara Setting Alamat IP Pada Windows 7 Secara Mudah - Jika membahas tentang IP adress tentu kamu kenal dengan istilah IP Static dan IP Dynamic.

Jenis IP ini sangat erat kaitannya dengan jaringan dunia Internet. Karena disini kita membahas IP sebuah komputer dalam dunia internet.


Internet Protocol Address biasa disingkat IP address ini adalah suatu alamat dengan kode tertentu dalam sebuah Jaringan komputer dengan mempergunakan pola angka sebagai identitas unik alamat penggunanya.

Penggunaan IP Static dan Dynamic sangat bergantung dengan provider Internet yang kita gunakan.



PERBEDAAN IP STATIC DENGAN IP DYNAMIC


IP Static dan IP Dynamic pada dasarnya dua system IP yang berbeda. Pengguna IP Static dan IP Dynamic itu bergantung sekali dengan provider Internet atau ISP yang digunakan.

Provider dari Jaringan GSM seperti three, axis, xl, pada umumnya menggunakan IP Dynamic.

Hal itu berbeda halnya dengan jaringan Speedy.

Pada dasarnya Speedy menggu…