Mengenal IP static - IP dynamic | Cara Setting Alamat IP Pada Windows 7 Secara Mudah

Cara Setting alamat ip
AiBeiC blogMengenal IP static - IP dynamic | Cara Setting Alamat IP Pada Windows 7 Secara Mudah - Jika membahas tentang IP adress tentu kamu kenal dengan istilah IP Static dan IP Dynamic.

Jenis IP ini sangat erat kaitannya dengan jaringan dunia Internet. Karena disini kita membahas IP sebuah komputer dalam dunia internet.


Internet Protocol Address biasa disingkat IP address ini adalah suatu alamat dengan kode tertentu dalam sebuah Jaringan komputer dengan mempergunakan pola angka sebagai identitas unik alamat penggunanya.

Penggunaan IP Static dan Dynamic sangat bergantung dengan provider Internet yang kita gunakan.



PERBEDAAN IP STATIC DENGAN IP DYNAMIC


IP Static dan IP Dynamic pada dasarnya dua system IP yang berbeda. Pengguna IP Static dan IP Dynamic itu bergantung sekali dengan provider Internet atau ISP yang digunakan.

Provider dari Jaringan GSM seperti three, axis, xl, pada umumnya menggunakan IP Dynamic.

Hal itu berbeda halnya dengan jaringan Speedy.

Pada dasarnya Speedy menggunakan IP static dan IP Dynamic secara bersamaan. Jadi setiap kali kita connect ke jaringan, kita memperoleh satu IP Public secara random namun secara bersamaan IP Public ini digunakan sebagai IP Static pula.



Apa sih bedanya IP Static dengan IP Dynamic ini?


✓ IP STATIC.

Alamat IP Static yang kita peroleh mungkin diberi oleh provider (ISP), baik dengan permintaan ataupun otomatis bergantung pada cara koneksi kita ke Internet.

Untuk provider yang menggunakan sistem IP Static, IP user yang diberikan atau yang diperoleh dapat diatur secara manual.

[Baca juga:
cara agar hardisk laptop tidak mudah rusak, simak caranya]


Sudah jelas artinya,di awalnya alamat IP tersebut dapat diatur atau disetting oleh kita sendiri. Namun jika sudah ditetapkan alamat IP tersebut bersifat static atau tetap, ini artinya tidak bisa untuk disetting atau diubah kembali ke alamat lain.

Alamat IP Statik penting karena server memakai alamat IP ini dan mempunyai pemetaan DNS yang menunjuk langsung kepada server dan biasanya memberikan informasi kepada server lain seperti email atau website.

Pada penulisan IP address atau alamat IP disettingan kompi kita, sistem ini biasa digunakan oleh Server atau CLL {Comercial Leased Line}. Tujuannya jelas supaya server dapat dijangkau dengan IP yang sama.


✓ IP DYNAMIC.

Kemudian untuk IP Dynamic. Dynamic berarti tidak statis, yang artinya tidak tetap. Ini berarti IP address bisa berubah-ubah.

Umumnya menggunakan DHCP server. Pada  setting-an komputer kita biasanya menggunakan settingan automatic.

Banyak user dari beberapa provider menggunakan sistem ini karena dipandang lebih memudahkan pengguna.

Ringkasnya, terlepas dari semua itu baik IP Static maupun IP Dynamic manakah pilihan yang terbaik tentu tergantung kita sendiri selaku user.



INILAH CARA SETTING ALAMAT IP PADA WINDOWS 7


Oke, setelah penjelasan tentang jenis IP, selanjutnya kita mengulas bagaimana cara setting IP address pada Windows seven.

Untuk setting alamat IP pada windows 7 memang agak berbeda ya dengan windows XP. Bagi yang sudah terbiasa dengan windows XP kadang akan merasa bingung dengan langkah-langkah settingnya.

[Baca juga:
aplikasi downloads buat kamu yang doyan downloads lewat pc]


Seperti penjelasan diatas, pada hakekatnya setting alamat IP digunakan tujuannya adalah untuk memberi status IP pada kompi sehingga bisa terkoneksi dengan jaringan internet.


Baik, berikut adalah tahapan yang harus dilakukan untuk setting alamat IP pada windows 7:


1. Pertama-tama klik start pada windows 7 kamu, lanjut pilih control panel.

Setting alamat ip

2. Pada menu yang terdapat pada control panel, pilih saja view network status and tasks yang berada di bawah Network and Internet seperti yang terlihat pada gbr.

Setting alamat ip 1

3. Setelah kamu masuk pada view network status and tasks, kamu akan diarahkan ke network and sharing center, kemudian pilihlah change adapter setting pada menu bagian kiri.

Setting alamat ip 2

4. Klik kanan pada icon Local Area Connection, pilih properties.

Setting alamat ip 3

5. Setelah kamu masuk pada menu local area connection, pilih internet protocol version 4 (TCP/IPv4), lalu klik properties.

Setting alamat ip 4

6. Pada menu internet protocol version 4 (TCP/IPv4) centang (√) use the following IP Address. Selanjutnya isi IP address sesuai keinginan, kemudian klik OK.

Setting alamat ip 5

Demikian ulasan mengenai Mengenal IP static - IP dynamic | Cara Setting Alamat IP Pada Windows 7 Secara Mudah, semoga postingan ini bisa menjadi referensi buat kamu yang barangkali mencari cara alternatif dari sumber yang berbeda. Dan semoga terbantu dengan artikel ini.
Tag : komputer, panduan
Back To Top