Mau hemat BBM? Solusinya Cukup Dengan Beberapa Langkah Mudah

AiBeiC blog | Mau hemat BBM? Solusinya Cukup Dengan Beberapa Langkah Mudah  - Jalanan di setiap kota-kota besar hampir dipastikan selalu terjadi kemacetan.

Parahnya lagi hal ini terjadi hampir di hampir semua ruas jalan.

Cara hemat bbm

Untuk menghadapi realita ini, kita sebagai pengendara kendaraan bermotor dituntut untuk realistis dan diharuskan untuk menyikapinya dengan langkah-langkah yang strategis supaya kantong tidak cepat bolong..hanya karena gara-gara harus sering mampir isi bahan bakar ke SPBU.

Apalagi kita semua tau harga BBM sekarang ini cenderung tidak stabil, selalu mengalami kenaikan harga setiap tahun. Jika tak pandai-pandai melakukan penghematan, anggaran dana bulanan akan habis terkuras hanya buat membeli BBM, sementara kebutuhan lain membutuhkan anggaran biaya yg tidak sedikit.


Tips Buat Menghemat BBM Yang terbukti Efektif 

Untuk menyikapi hal permasalahan diatas, berikut ini ada beberapa tips atau cara yang mungkin berguna untuk berhemat biaya BBM kita:

1. Dianjurkan untuk mengisi BBM sebaiknya dilakukan pada pagi hari.

..Di saat masih pagi yaitu ketika suhu di dalam tanah masih dingin.

Mengapa dianjurkan dan mengapa harus pagi?...

Sebabnya karena SPBU itu memiliki ruang penyimpanan BBM dibawah tanah. Logikanya apabila lebih dingin suhu didalam tanah maka akan membuat BBM mengental dan lebih pekat.

Sebaliknya jika kita mengisi bbm disiang hari yang terik dan ketika suhu udara mulai meningkat, kekentalannya akan mulai berkurang. Jadi ketika kita mengisi bbm diwaktu siang hari angka yg tertera di argometer pompa jumlahnya persis sama dgn BBM yg masuk ke dlm tangki kendaraan.

Pada tangki SPBU, kompensasi suhu yg dipompa tidak dapat menyesuaikan dgn gravitasi & suhu BBM. Itulah sebabnya setiap nilai derajat suhu udara itu mempunyai pengaruh yg besar dlm total pengeluaran BBM secara menyeluruh.


2. Minta sama petugas SPBU agar menekan keran bbm untuk posisi yang paling pelan.

Secara teori pengisian cepat bisa memicu penguapan ketika bbm terpompa dari tangki penyimpanan.

Hal ini merupakan keuntungan bagi pemilik SPBU, karena uap dari bbm itu akan masuk kembali ke tangki penyimpanan milik SPBU, sedangkan BBM yg masuk ke dalam tangki mobil sdh berkurang.


3. Jangan biasakan mengisi BBM saat tangki sudah kosong.

Yang bagusnya yaitu disaat BBM di tangki kendaraan cuma tinggal separuh maka segeralah ditambah. Trik ini sebagai upaya untuk mencegah udara agar tidak masuk ke dlm tangki.

Sebabnya udara yg banyak masuk ke dalam tangki akan menyebabkan penguapan BBM menjadi lebih cepat dari normalnya.

Hal ini mengakibatkan BBM cepat habis dan menguap sia-sia.

4. Jangan mengisi BBM saat SPBU sedang melakukan pengisian ke tangki penyimpanan.

Kenapa?

Karena disaat pengisian ke dalam tangki penyimpanan sedang berlangsung, kotoran-kotoran yang mengendap didasar tangki ikut terangkat karena adanya perputaran siklus aliran BBM yang masuk.

Akibatnya jelas... BBM dalam keadaan tidak bersih karena kotoran yang terangkat belum mengendap ke bawah dasar tangki penyimpanan.

Jika pada saat situasi ini dipaksakan mengisi, bisa saja menyebabkan kinerja mesin kendaraan nantinya tidak maksimal akibat bbm dalam keadaan tak bersih. Dan fatalnya kalau kotoran-kotoran pada BBM ini menyumbat nosel, bukankan kita membutuhkan dana lagi untuk membersihkannya jika menggunakan jasa reparasi?

Bukannya penghematan malah pengeluaran untuk ongkos reparasi, iya kan?

Itulah tadi ulasan singkat Tips cara tepat hemat BBM yang bisa kamu terapkan.

Saya yakin jika tips ini dijalankan dengan benar maka BBM akan yang dikonsumsi akan lebih irit sehingga anggaran kalian tidak terkuras untuk hal-hal yang tidak di inginkan.

Nah, jika kalian punya tips yang lebih ter-update bisa di share pada kotak komen dibawah.

Sekian.


Tag : tips trik
0 Komentar untuk "Mau hemat BBM? Solusinya Cukup Dengan Beberapa Langkah Mudah"

Back To Top