Skip to main content

Pengaruh Backlink Era Algoritma Google Panda Terbaru; Google Panda versi 4.2

AiBeiC blog | Pengaruh Backlink era Algoritma Google Panda terbaru; Google Panda versi 4.2 - Semua blogger pasti memiliki hasrat agar blognya jadi terkenal dan memiliki pengunjung yang banyak. Salah satu usaha yang dilakukan agar keinginan itu terwujud adalah mencari backlink yang banyak seperti yang disarankan oleh banyak pemain blogger di bidang SEO (Search Engine Optimize).

Pengaruh backlink terhadap Google panda

Nah berhubung saya pemula, jadi kegiatan saya pertama-tama sekali setiap saya online untuk blogging maka yang saya lakukan adalah berusaha menyempatkan diri untuk mencari atau berburu backlink dan kemudian menanam backlink tersebut untuk blog yang saya kelola.

Walaupun tidak tiap hari online namun hal tersebut sering sekali saya lakukan, sampai suatu saat saya berhenti melakukannya (cari - tanam backlink). Saya mengurangi aktifitas ini (selain backlink gov dan edu) setelah saya mendapat informasi bahwa memasang backlink secara berlebihan, apalagi sering menggunakan tool link tautan otomatis atau juga link tautan massa berbayar, pengaruhnya sangat buruk terhadap blog yang di optimasi menggunakan tautan tersebut.

Yang saya tekankan disini adalah kegiatan mencari backlink secara membabi buta. Terutamanya sih buat blog AibeiC ini, walau umur blog ini baru seumur jagung (*sejak artikel ini diposting)

Jadi, apa kemungkinan terburuk dari kegiatan berburu link tautan balik ini?

Dampaknya adalah kemungkinan besar blog kita akan ditendang dari mesin pencari nomor satu dunia yaitu Google search engine.

Mengapa hal itu bisa terjadi?

Setelah di usut lebih dalam ternyata ini adalah dampak dikeluarkannya algoritma google terbaru yaitu Google Panda.

Update: Google Panda telah memperbaharui versinya yaitu Google Panda 4.2.

Banyak kasak kusuk beredar bahwa sebenarnya google tak pernah mengungkap secara jelas info rinci setiap produk algoritma yang dikeluarkannya. Hal ini cukup membikin pusing  banyak pengelola blog, namun para pakar seo sepakat bahwa cara kerja sistem algo google panda ini yaitu berdasarkan penilaian 'konten' bukan lagi bertumpu pada banyaknya backlink atau tautan balik suatu website. Bahkan parahnya backlink yang buruk bisa di indikasi spam oleh robot serp.

Dengan adanya penerapan peng-indekan suatu situs melalui sistem algo Google Panda ini, secara mekanisme sistem akan mengindex suatu website yang kontennya berisi artikel yang berkualitas, aktual terhadap tema, berisi artikel yang informatif, dan (bagus lagi) situs rujukan yang di share oleh pengunjung. Jadi peringkat blog bukan lagi di dasarkan karena banyaknya backlink atau link tautan balik yang mengarah pada situs/ website atau blog tersebut.


Artikel berkualitas yang saya maksud adalah bahwa situs tersebut benar-benar berisi konten yang artikelnya kaya akan kosa kata, informasi yang disampaikan sangat dibutuhkan oleh mereka yang sedang mencari informasi lewat mesin pencari google, bukan menebar keyword pada artikel (berlebihan) untuk memikat robot serp.

Ini berarti tantangan untuk setiap blogger, agar blog kita selalu eksis dan meningkat dimata google maka sangat di anjurkan membuat postingan yang informatif dan berisi konten artikel yang bermutu. Namun jangan lupakan faktor seo pendukung  yang lain seperti seo on page, seo off page, template seo friendly, loading blog yang ringan, suntikan backlink gov dan edu, artikel direktori dan lain lain.

Intinya manjakanlah pengunjung blog kamu dengan sajian konten yang berkualitas se-paket dengan atribut seo friendly.


Yang perlu di hindari agar blog aman dari eksekusi Google Panda


Untuk hal yang perlu dihindari agar blog kita terhindar dari amukan garang google panda 4.2 ini diantara lain:

• Jangan posting artikel copy-paste.
• Usahakan postingan jangan minim kosa kata.
• Artikel panjang namun informatif dan jika memungkinkan diikuti dengan tata grammer yang baik.
• Hindari link on page yang tidak relevan.
• Periksa broken links.
• Hindari terlalu banyak keyword pada artikel
• Dan kurangi berburu backlink, terutama:
- yang bersifat otomatis, massal gratis atau berbayar. Secara logika kita tidak mengetahui link tautan balik yang mereka tanamkan untuk blog kita.
- memasang backlink pada situs yang tidak relevan dan berperingkat rendah, kecuali itu dari situs gov/ edu, situs direktori dan ping blog masih diperlukan, namun pada porsi yang benar.

Saya sendiri belum pernah merasakan efek google panda ini karena blog yang saya kelola ini masih dalam tahap optimasi. Sekarang lumayan sudah ada peningkatan pengunjung karena perlahan lahan saya mulai tertarik mempelajari seo.

Lalu mengapa saya bisa menjelaskan disini bahwa peran backlink berpengaruh pada algo Panda?...

Inilah salah satu keuntungan kita sebagai seorang blogger yaitu mempunyai banyak teman, salah satunya berprofesi sebagai blogger. Seperti teman saya ini..

Jadi saya mempenyai kawan yang juga blogger dan ia mengeluhkan tentang pengunjung blognya yang menurun sangat drastis. Dia pemain GA (Google Adsense). Dengan pengunjung yang berkurang setiap harinya otomatis pendapatannya pun menurun pula.

Begini, ia mempunyai blog yang sudah dimonetisasi (dijadikan penghasilan) sebagai publisher Google Adsense, masih domain blogspot, kurang lebih blog seperti punya saya ini, namun pengunjungnya membludak sangat banyak. Perharinya ribuan UV (unique viewer), itu semua organic visitor atau pengunjung yang datang dari mesin pencari, terutama google search. Saya menyempati mampir melihat sendiri blognya.

Saya akui, menurut penilaian saya konten artikelnya rata rata berkualitas, memungkinkan sangat di cari pengunjung. Ini menurut saya lo...

Dia jelaskan sebelumnya bahwa postingannya rata-rata terindex dengan baik pada google serp. Tentu saja perolehannya lewat google adsense pun berbanding lurus dengan banyaknya pengunjung yang mampir. Dapat dikatakan, perolehan dari google adsense ini cukuplah buatnya walau hanya bermodal website gratis (blogspot).

Nah, kelemahan manusia adalah tak pernah puas apa yang sudah diperolehnya, begitu pun gambaran kecil tentang masalah yang di terpa kawan blogger saya ini. Jadi dengan pengunjung yang terus meningkat, muncullah ambisi dia untuk lebih meningkatkan lagi jumlah visitor dengan harapan perolehan dari GA akan semakin bertambah.

Maka, didasari teknik-teknik seo jadul terdahulu yaitu dengan berburu backlink, makin gencarlah dia dengan memanfaatkan tools yang tersedia di internet. Tebar sana sini...

Mencari - menanam backlink layaknya menjala ikan. Ada kalanya kita tertangkap ikan yang tak sehat. Begitu pun halnya dengan Backlink. Rupanya kegiatan itu mengirim sinyal pada sistem sandbox google. Blognya terindikasi sebagai spammers. Visitor plus viewernya melonjak turun, otomatis pendapatan dari GA nya pun menurun drastis.

Apa mau dikata, niat menambah popularitas blog yang didapat malah visitornya yang berangsur pergi. Mau tak mau inilah resiko yang di terimanya. Blognya mendapat perlakuan istimewa dari Google Panda, tersingkir dari halaman serp. Perlu dari pondasi awal untuk membangun blog yang telah rubuh. Namun saya yakinkan teman saya, janganlah hal ini membikin drop mental. Bukankah sesuatu yang besar terkadang didapat dari ujian? Jadikanlah pengalaman sebagai modal berharga.

Beruntunglah kita yang belum mengalami namun mampu mengantisipasinya dengan selalu update info tentang Google Panda 4.2 ini.

Mungkin apa yang dialami oleh kawan blogger saya ini bisa kita jadikan acuan, bahwa banyaknya backlink belum tentu menentukan posisi serp suatu blog. Faktanya backlink yang membabi buta justru bisa merusak reputasi blog yang kita kelola. Akibatnya blog bisa mendapat pinalty dari halaman pencarian.

Maka sebagai blogger, sebelum kamu memutuskan mencari penghasilan dengan menjadi seorang blogger, pertama sekali kenalilah sebab akibat dari sistem algoritma suatu search engine yang berlaku, terutama Google karena mereka merupakan pemain terbesar dan dominan dalam hal Search Engine.

Terkait backlink, untuk saat ini saya agak malas untuk menjamahnya, mungkin sedikit pengaruh trauma dari kawan yang telah mengalaminya sendiri.

Kedepan saya lebih fokus ke konten, berusaha menyajikan artikel yang diminati pengunjung, bukan artikel sembarang publish seperti dulu lagi yang biasa saya lakukan.

Jadi apakah Panda itu lucu dan imut seperti yang kamu bayangkan?..Kamu akan tau sifat aslinya jika dia kelaparan.

Demikian ulasan saya tentang Pengaruh Backlink era Algoritma Google Panda terbaru; Google Panda versi 4.2, semoga gambaran algoritma Google Panda ini bisa membuat kita waspada..waspada...waspadalah!

Hihiii

Comments

  1. Taipan Indonesia | Taipan Asia | Bandar Taipan | BandarQ Online
    SITUS GAME KARTU ONLINE EKSKLUSIF UNTUK PARA BOS-BOS
    Kami tantang para bos semua yang suka bermain kartu
    dengan kemungkinan menang sangat besar.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    Cukup Dengan 1 user ID sudah bisa bermain 7 Games.
    • AduQ
    • BandarQ
    • Capsa
    • Domino99
    • Poker
    • Bandarpoker.
    • Sakong
    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
    • FaceBook : @TaipanQQinfo
    • WA :+62 813 8217 0873
    • BB : D60E4A61
    Come & Join Us!!

    ReplyDelete

Post a Comment

baca juga...

Cara Praktis CopyPaste Tulisan Pada Sebuah Gambar Lewat Aplikasi Android

AiBeiC blog | Cara praktis copy paste tulisan pada sebuah gambar lewat aplikasi smartphone android -  Biasa kita tertarik dengan sebuah kata-kata atau mungkin juga sebuah artikel dan ingin kita salin kata tersebut pada sebuah notepad atau media tulis digital lainnya, tapi sayang kata kata tersebut masih dlm bentuk gambar mustahil rasanya buat di copy dan paste kecuali disalin/ diketik manual... ...Kalau kalimat pendek sih tidak apa diketik manual, masalahnya bagaimana kalimat pada gambar tersebut panjang bagai rel kereta api? Tentu capek dan malas buat menulisnya pada media tulis lain. Nah, Untuk itu kali ini akan saya share cara copy-paste tulisan pada sebuah gambar secara praktis lewat aplikasi smartphone android. Mungkin sebelum ini kamu atau saya pun tak pernah terlintas bahwa sebuah gambar yang berisi tulisan, tulisannya bisa di salin dan paste kan. Yang masuk akal adalah bahwa gambar tersebut hanya bisa didownload atau diedit, begitu yang saya tau hehe.. ...Tapi itu du

Cara meRoot Android tanpa Pc dengan Aplikasi Root

AiBeiC blog | Cara meRoot Android tanpa Pc dengan Aplikasi Root - Sebelum kita mengulas cara meroot android kamu tanpa perangkat pc ini, mungkin kita perlu penjelasan sedikit bagi yang belum tahu apa sih root itu? Root adalah suatu keadaan dimana pengguna dari sebuah perangkat cerdas khususnya android memperoleh hak akses lebih (hak istimewa) untuk merombak atau mengedit program android seperti layaknya developer bahkan sampai tahap system bawaan. Selengkapnya informasi ini bisa kamu baca pada postingan saya Apa Sebenarnya Fungsi Root Pada Android Itu . Kamu yang punya perangkat komputer dirumah, baik pc maupun laptop, mudah saja untuk me root android dengan tutorial root android lewat pc . Tapi buat yang belum punya pc jangan pesimis dulu karena sekarang sangat banyak sekali aplikasi yang bisa membantu pengerjaan root di android kamu lewat perangkat android itu sendiri. Jadi ini tidak perlu menggunakan bantuan komputer untuk proses rootnya. Aplikasi Root Terbaik Untuk An

Tips Hemat Kuota Internet Terbaru Untuk Pengguna Android

AiBeiC blog | Tips hemat kuota internet terbaru untuk pengguna android - Pengguna internet untuk dapat mengakses internet tentu wajib punya pulsa internet, baik jenis kuota reguler maupun unlimited. Bisa saja sih dengan gratisan, seperti wifi di area hotspot gratis ataupun dengan cara hacking operator pulsa seperti para komunitas gretongers yang menjamur didunia maya. Komunitas ini biasanya mangkal di forum-forum khusus yang memiliki idealisme serupa dengan membernya yaitu suka hal-hal yang berbau gratisan. Mereka tak sungkan memberikan panduan atau tips hack operator pulsa biar bisa internetan gratis. Tapi hal itu sungguh merepotkan bagi sebagian orang, apalagi tidak semua orang expert atau ahli mengkonfigurasi kan layanan provider agar bisa di hack. Perlu keterampilan dan bakat khusus, disamping keberuntungan juga sih... Pengguna smartphone atau gadget pintar lainnya, pada umumnya butuh hal yang terkesan praktis namun tetap efektip. Begitu pula halnya bagaimana dalam ef